Mohon tunggu...
Laras AyudhiaCallista
Laras AyudhiaCallista Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Pelajar

Panggilanku Ayas. Hobiku membaca, menulis dan kegiatan alam bebas. Saat ini aku berstatus pelajar.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno Pilihan

Peduli Hulu Ciliwung, Sharp Greenerator Lakukan Aksi Nyata

4 September 2022   21:01 Diperbarui: 4 September 2022   21:06 311 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Panorama Titik Nol Ciliwung, Telaga Saat. Foto : Dok. Laras A. Callista

PT Sharp Electronics Indonesia bersama beberapa lembaga yang bergerak dalam bidang lingkungan membentuk komunitas cinta lingkungan bernama Sharp Greenerator. Merupakan kumpulan generasi anak muda usia 15-25 tahun. Komunitas ini secara aktif melakukan aksi nyata terhadap lingkungan. 

Misi nya terutama memberikan kesadaran dan mengajak masyarakat untuk memahami dan peduli akan pentingnya lingkungan bagi kehidupan saat ini dan generasi mendatang. 

Pada tanggal 16-17 Juli 2022, anggota komunitas kembali melakukan aksi lingkungan pada area Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Bersama Transformasi Hijau dan sukarelawan Montana melakukan kegiatan berupa pengenalan keanekaragaman hayati flora fauna. Juga melakukan edukasi terhadap pengunjung taman nasional. Ajakan tersebut terutama dalam hal menjaga kebersihan dari sampah bawaan pengunjung.

Observasi dan Uji Kualitas Air Pada Hulu Ciliwung

Mengangkat tema "Water Monitoring Workshop", kegiatan selanjutnya berupa pengujian kualitas air dan kampanye lingkungan pada tanggal 27-28 Agustus 2022. Aktivitas ditujukan pada kawasan hulu Ciliwung area Titik Nol Telaga Saat, Puncak. Proses pendampingan dilakukan oleh komunitas Mahasa, Unit Konservasi Fauna-IPB dan Relawan Indonesia Pembela Alam (RIMBA).

Saat ini, tak hanya sebagai objek penelitian, daerah hulu Ciliwung menjadi kawasan yang diburu warga kota untuk wisata. Berlokasi dalam kawasan Tugu Utara, Kecamatan Cisarua-Kabupaten Bogor. Titik Nol Ciliwung Telaga Saat menjadi tempat favorit bagi wisatawan lokal. 

Panorama alam dengan perkebunan teh yang membentang serta sejuk nya udara pegunungan, menjadi daya tarik masyarakat untuk datang berkunjung.

Keindahan Titik Nol Ciliwung yang memesona berkat adanya aliran air dari hulu nya, melewati perkebunan teh. Anggota komunitas mencoba melakukan observasi kualitas air hulu Ciliwung dengan melakukan analisis biologi dan analisis fisika. 

Analisis biologi dilakukan dengan mendata berbagai hewan air terutama makro invertebrata. Sedangkan analisis fisika dengan mengukur suhu dan pH air.

Kegiatan pengamatan biota air di Hulu Ciliwung. Foto : Dok. Melani
Kegiatan pengamatan biota air di Hulu Ciliwung. Foto : Dok. Melani

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan