Mohon tunggu...
Laras silvy dwi saputri
Laras silvy dwi saputri Mohon Tunggu... Mahasiswa - silvy

memenuhi tugas-tugas

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Mari Jaga kesehatan Keluargamu dengan Memberantas Sarang Jentik Nyamuk di Sekitarmu

26 Oktober 2021   19:09 Diperbarui: 15 November 2021   10:51 108 2 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Haiii...

kali ini aku akan sedikit berbagi pengalamanku saat  melakukan penyuluhan kepada masyarakat disekitar untuk pembrantasan sarang jentik nyamuk di lingkungan masyarakat desa.

setiap tahun penyakit DBD  di indonesia cenderung meningkat terutama dimusim penghujan. Demam Berdarah Dengue (DBD) merupakan salah satu penyakit yang perlu diwaspadai karena dapat menyebabkan kematian dan dapat terjadi karena lingkungan yang kurang bersih. Berbagai upaya dilakukan untuk mencegah merebaknya wabah DBD. 

Salah satu caranya adalah dengan melakukan 3M Plus. Lingkungan harus kita jaga dengan baik dan benar. Lingkungan yang bersih  akan memberikan dampak yang positif untuk kesehatan masyarakat. Namun jika lingkungan kita merupakan lingkungan yang kotor maka juga akan menimbulkan dampak negatif bagi kesehatan masyarakat disekitarnya. 

Disuatu hari kami mendapat tugas untuk melakukan penyuluhan di Kampung. Kampung ini memang terlihat bersih namun jika diamati ternyata setiap selokan- selokan depan rumah sangat memprihatinkan ,disana banyak sampah dan juga sarang nyamuk. 

Nyamuk merupakan salah satu faktor penyebab penyakit yang kini telah menyerang manusia . salah satu faktornya yaitu masyarakat kurang menjaga kesehatan lingkunganntya sehingga menyebabkan nyamuk berkembang pesat di lingkungannya

lanjutt...

aku dan temanku masuk ke rumah masing-masing penduduk yang ada disana, kita melakukan pengecekan di setiap kamar mandi warga dan sekitar rumah , dan kami menemukan sarang jentik nyamuk disetiap rumah warga. setelah data yang kami kumpulkan tersebut menyimpulkan bahwa masyarakat di desa kurang menjaga kebersihan terutama pada kamar mandi dan genangan air disekitar rumah .

kemudian kami memutuskan memberikan penyuluhan kepada masyarakat sebagai pengetahuan tentang upaya mencegah penyakit DBD melalui penyuluhan pentingnya pemberantasa jentik nyamuk dan sarang nyamuk demam berdarah. misalnya dengan cara melakukan 3M plus . 

Kami terjun langsung kepada warga untuk  penerapan 3M plus.  dalam kegiatan ini warga juga membantu kami dengan  bergotong royong dan kerjasama membersihkan lingkungan yang ada disekitarnya. 3M dimulai dengan menguras kamar mandi masing-masing warga dalam waktu  seminggu 2x, kemudian membuang genangan air sekitarnya menutup bak penyimpanan air, dan  mengubur sampah-sampah yang tidak bisa diuraikan, Selain itu kami menerapkan 3M kami juga melakukan fogging/pengasapan.

Yang dimaksudkan Plus-nya adalah bentuk upaya pencegahan tambahan seperti :
Memelihara ikan pemakan jentik nyamuk
Menggunakan obat anti nyamuk
Memasang kawat kasa pada jendela dan ventilasi
Gotong Royong membersihkan lingkungan
Periksa tempat-tempat penampungan air
Meletakkan pakaian bekas pakai dalam wadah tertutup
Memberikan larvasida pada penampungan air yang susah dikuras
Memperbaiki saluran dan talang air yang tidak lancar
Menanam tanaman pengusir nyamuk. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan