Mohon tunggu...
Lapas Permisan Nk1908
Lapas Permisan Nk1908 Mohon Tunggu... Lainnya - Tim Humas Lapas Kelas IIA Permisan Nuskambangan

Kunjungi Juga : Instagram : lapaspermisannk Facebook : Lapas Permisan Nk Twitter : Lapas Permisan

Selanjutnya

Tutup

Seni Pilihan

Ukiran Siluet Bambu, Salah Satu Karya WBP Lapas Permisan yang Diminati

6 November 2022   17:27 Diperbarui: 6 November 2022   17:32 86
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ukiran Siluet Bambu, Salah Satu Karya WBP Lapas Permisan yang Diminati

CILACAP - Ukiran siluet bambu yang merupakan salah satu hasil karya Warga Binaan Pemasyarakatan Lapas Kelas IIA Permisan Nusakambangan banyak diminati oleh pemesan dari luar pulau, Minggu ( 6/11/2022 ).

Kreatifitas warga binaan pemasyarakatan (WBP) Lapas Permisan Nusakambangan terus digali oleh petugas di bimbingan kerja. Berbagai metode pendekatan serta penyaluran bakat diterapkan agar potensi yang mereka miliki dapat disalurkan serta berkembang. Salah satunya dengan memfasilitasi para WBP untuk menuangkan ide serta keterampilan mereka dalam bentuk kerajinan tangan.

Dari sekian banyak kerajinan tangan yang menarik perhatian adalah ukiran siluet bambu. Karya ini terbentuk setelah petugas memberikan gambaran mengenai berbagai macam kerajinan tangan bernilai jual serta pertimbangan potensi sumber daya alam Nusakambangan yang melimpah.

Ukiran Siluet Bambu, Salah Satu Karya WBP Lapas Permisan yang Diminati
Ukiran Siluet Bambu, Salah Satu Karya WBP Lapas Permisan yang Diminati
Dalam pembuatan kerajinan siluet bambu, Seksi Bimbingan Kerja melibatkan tiga warga binaan yang sudah disidang oleh Tim Pengamat Pemasyarakatan dan dinyatakan dapat mengikuti kegiatan pembinaan kemandirian. Karya pertama yang dibuat berupa siluet wajah Bung Karno, sementara karya kedua dan ketiga berupa siluet wajah pemesan telah laku terjual.

Kaslam Priyanto selaku Kasubsi Bimbingan Kerja menjelaskan bahwa potensi penjualan produk ini cukup menjanjikan terutama memiliki ketrampilan, skill dan daya tarik tersendiri.

"Siluet ini cukup banyak diminati, terutama pemesan yang menginginkan siluet wajah seseorang yang spesial sebagai kenang-kenangan maupun kado," ungkap Kaslam.

Kedepannya kerajinan ini akan terus dikembangkan untuk mencapai mangsa pasar yang diharapkan. Sehingga target PNBP yang dicanangkan oleh kementerian dapat terpenuhi.

#kemenkumhamri
#ditjenpas
#kemenkumhamjateng
#kemenkumhampasti
#lapaspermisannk
#AYuspahruddin

Mohon tunggu...

Lihat Konten Seni Selengkapnya
Lihat Seni Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun