Mohon tunggu...
Lapas Namlea
Lapas Namlea Mohon Tunggu... Lainnya - Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Namlea

Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Namlea merupakan salah satu UPT Pemasyarakatan dibawah naungan Kanwil Kemenkumham Maluku

Selanjutnya

Tutup

Kebijakan

Deteksi Dini Gangguan Kesehatan, WBP Lapas Namlea Ikuti Screening Kesehatan Dari Puskesmas Sawa

5 November 2022   07:42 Diperbarui: 5 November 2022   08:52 130
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Namlea, INFO_PAS -- Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Namlea mengikuti kegiatan pemeriksaan kesehatan penyakit tidak menular (PTM) serta deteksi dini kanker serviks dan kanker payudara  yang diselenggarakan oleh Puskesmas Sawa, Jumat (4/11). Bertempat di Aula Lapas, kegiatan diikuti oleh seluruh WBP dan didampingi oleh Kepala Lapas (Kalapas) Namlea, Ilham beserta jajarannya. 

"Seluruh WBP wajib kami ikutkan dalam kegiatan ini. Bersama tim medis dan juga dokter Puskesmas Sawa, kami panggil satu-persatu WBP untuk diperiksa kesehatannya," ungkap Ilham.  

Ia menyampaikan selain pemeriksaan kesehatan PTM, salah satu kegiatan yakni deteksi dini kanker serviks dan kanker payudara diikuti oleh WBP berjenis kelamin wanita dengan kriteria usia 30 sampai 50 tahun atau kurang dari 30 tahun yang aktif secara seksual, tidak sedang hamil, dan tidak mengalami haid.

"Tim medis melakukan test Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) untuk mendeteksi ada atau tidaknya kanker serviks. Selain itu dilakukan juga pemeriksaan SADANIS atau pemeriksaan payudara klinis untuk mengantisipasi kemungkinan adanya kanker payudara," ujarnya lagi.

Lebih lanjut, tambahnya, setelah pihak Puskesmas Sawa memeriksa WBP, tidak ditemukan adanya penyakit-penyakit berbahaya ataupun masalah kesehatan yang serius. "Alhamdulillah, saat dilakukan pemeriksaan, seluruh WBP dalam keadaan sehat. Kami hanya berpesan, untuk selalu menerapkan perilaku-perilaku sehat agar kesehatannya tetap terjaga dan tidak mudah terserang penyakit," tambahnya.

Dengan demikian Kalapas berharap sebagai bentuk sinergitas dan kordinasi antara Puskesmas Sawa dan Lapas Namlea yang telah terjalin, pemeriksaan kesehatan dapat dilakukan secara rutin dan berkala, selain sebagai bentuk deteksi dini tetapi juga sebagai salah satu upaya dalam pemenuhan hak-hak WBP. (MF)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Kebijakan Selengkapnya
Lihat Kebijakan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun