Mohon tunggu...
Lapas Terbuka Kendal
Lapas Terbuka Kendal Mohon Tunggu... Administrasi - Sarana Asimilasi dan Edukasi Warga Binaan Pemasyarakatan

Lapas Terbuka Kendal merupakan salah satu Unit Pelaksana Teknis yang terletak di Kabupaten Kendal, dibawah naungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Jawa Tengah. Lapas Terbuka Kendal menjalankan tugas sebagai tempat pembinaan, asimilasi Warga Binaan Pemasyarakatan (Narapidana).

Selanjutnya

Tutup

Joglosemar

Perbanyak Tanam Pohon Pisang, Lapas Terbuka Kendal Optimalkan Lahan Dengan Sistem Tumpangsari

14 September 2022   09:05 Diperbarui: 14 September 2022   09:14 108 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Kendal (13/09/2022) - Menanam pohon pisang dapat memanfaatkan lahan kosong maupun tumpangsari di sela-sela tanaman lain, pisang ditanam secara tumpangsari dengan komoditas hortikultura lainnya, seperti cabai, kacang, dan jagung.

Lapas Terbuka Kendal telah berhasil membudidayakan berbagai macam jenis komoditas holtikultura seperti cabai, tomat, jagung dan lain sebagainya.

Kasubsi Kegiatan Kerja Lapas Terbuka Kendal, Puji Raharjo menjelaskan, banyak tanaman yang dapat menjadi pilihan tumpangsari melihat keberhasilan budidaya tanaman holtikultura di Lapas terbuka Kendal.

"Pohon pisang ini merupakan jenis tanaman yang bersifat tahunan dan dapat juga dibuat sistem tumpangsari kegiatan ini wujud dari kreativitas teman-teman di giatja untuk memaksimalkan lahan yang ada, sehingga kegiatan pembinaan terutama pada bidang pertanian holtikultura yang sudah berjalan dapat kita kembangkan dan lebih memaksimal hasilnya", tutur Puji.

Dirinya menambahkan, di Lapas Terbuka Kendal penanaman pisang mampu menjadi solusi serta media alternatif sebagai peneduh area peternakan supaya kandang hewan ternak tidak terlalu panas maupun penahan angin dingin dimalam hari karena area pembinaan Lapas Terbuka Kendal sangat dekat dengan pantai.

"Melihat lokasi kita yang dekat pantai rasanya wajar jika siang akan lebih panas daripada umumnya karena pengaruh angin laut dan saat malam juga lebih dingin karena pengaruh angin darat, sehingga tanaman pisang ini menjadi media antisipasi kita akan hal tersebut".

Dok. pribadi
Dok. pribadi

Sementara itu, Kepala Lapas Tebuka Kendal melalui Kasi Binadik dan Giatja, Jonet Darmawan Adi mengapresiasi kegiatan inovasi ini, selain untuk memaksimalkan fungsi lahan, juga saling menyokong kegiatan pembinaan lain utamanya manfaat dari kegiatan ini adalah sebagai sarana edukasi dan bekal bagi Warga Binaan.

"Bisa kita lihat dengan adanya penanaman ini kita tidak hanya memaksimalkan pemanfaatan lahan, tapi juga kita turut mendukung kegiatan pembinaan yang lain seperti kegiatan pembinaan peternakan, namun yang paling penting, kita membekali ilmu kepada Warga Binaan sehingga mereka mendapat bekal untuk bercocok tanam setelah selesai menjalani hukuman disini", tutup Jonet.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Joglosemar Selengkapnya
Lihat Joglosemar Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan