Mohon tunggu...
Irma Tri Handayani
Irma Tri Handayani Mohon Tunggu... Ibunya Lalaki Langit,Miyuni Kembang, dan Satria Wicaksana

Ibunya Lalaki Langit ,Miyuni Kembang,dan Satria Wicaksana serta Seorang Penulis berdaster

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Ketika Pertanyaan Anak Jadi Lagu Enak Saat Ramadan

22 April 2021   07:06 Diperbarui: 22 April 2021   07:13 308 6 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ketika Pertanyaan Anak Jadi Lagu Enak Saat Ramadan
Ilustrasi :Irma Tri Handayani diolah dengan Canva

Lagu yang selalu saya suka saat Ramadan adalah lagu Ada Anak Bertanya Pada Bapak miliknya Bimbo. Lagu berirama qasidah yang satu ini sangat enak ditelinga.

Lagu ini diliris tahun 1970an , nadanya dibuat oleh Bimbo namun liriknya ditulis oleh Taufiq Ismail. Jika pemilihan judul lagu biasanya tak lugas namun menggunakan kalimat yang indah, namun judul lagu ini terasa seperti kalimat biasa seperti percakapan.

Tema lagu ini sederhana sebenarnya menceritakan seorang anak yang sedang bertanya pada Bapaknya mengenai ibadah selama bulan Ramadan. Dari mulai puasa, tadarus dan tarawih. Tiga amalan yang dilakukan saat bulan ramadan.

Karakter anak yang selalu penasaran dan banyak bertanya menjadi pesan jujur yang terselip di lirik lagu. Anak tak serta merta menerima apa yang disuruh orang tua. Disinilah peran orang tua untuk mampu menjelaskan pada mereka dengam baik.

Penjelasan ketiga ibadah itu disenandungkan di bagian refrainnya yang kemudian malah membuat lagu ini tambah terdengar makin enak dan bisa membuat badan bergoyang.

Bimbo adalah sebuah grup musik dari Bandung Indonesia yang dibuat sekitar tahun 1967. Band yang masih ada hubungan darah ini   terdiri atas tiga bersaudara kakak beradik Sam Bimbo, Acil Bimbo, dan Jaka Bimbo. Dan dalam tak lama   kemudian  adik perempuan mereka Iin Parlinapun bergabung.

Beberapa lagu mereka bersenandung tentang tema  cinta. Beberapa lagi tema sederhana dalam keseharian, namun yang mendapatkan tempat di hati penikmat musik dalah justru lagu-lagu rohaninya. 

Ada anak bertanya pada bapaknya terasa enak ditelinga karena irama nya yang riang. Jika biasanya lagu religi memiliki beat selow agar terasa lebih menggelitik hati, maka lagu yang satu ini dibuat dengan beat lebih cepat seperti lagu riang.

Nah jika kita mau menerangkan arti puasa, tadarus dan tarawih  tanpa ribet kita bisa menyontek lirik lagu ini ,kalau perlu ya sambil nyanyi seperti Bimbo. 

Ini dia sebagian lirik lagu " ada anak bertanya pada bapaknya"

Ada anak bertanya pada bapaknya
Buat apa berlapar-lapar puasa
Ada anak bertanya pada bapaknya
Tadarus tarawih apalah gunanya

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x