Ketika guru masuk ke dalam kelas, selain penampilan guru yang akan dilirik ada hal penting juga yang akan dilihat siswa yaitu tulisan guru.Â
Selain suara yang jelas, penampilan percaya diri, siswa juga akan melihat tulisan gurunya. Catatan yang diberikan guru menjadi hal yang penting dalam penyampaian ilmu.Â
Pertama, tulisan mampu menarik mata siswa  jika diatur sedemikian rupa. Tulisan dibuat dengan ukuran lebih besar sebagai judul. Tujuannya tentu saja mengundang mata untuk melihat ke papan tulis.Â
Kedua, berusaha memberikan catatan tidak bertele-tele dengan bahasa sederhana yang lebih mudah dipahami siswa. Mengapa? Karena catatan akan kembali dia buka di rumah. Ketika tulisan yang diberikan mudah dimengerti dengan membaca ulang, maka siswa mampu mengingat lagi apa yang disampaikan gurunya.Â
Ketiga, cobalah sedikit santai dalam gaya menulis. Sudahlah kimia itu menurut siswa sulit, lalu catatam yang saya berikan rumit, wah kasihan mereka. Pemberian gambar karikatur biasanya mampu menyihir mereka untuk semangat mencatat, tak jarang mereka mengikuti gambar yang saya beri.Â
Seperti bahasan Ikatan kimia yang akan saya ajarkan, demi memudahkan penerimaan nalar mereka saya buat atom seolah dua orang yang berbeda jenis memilih jadian alias berpasangan. Â Ikatan kimia itulah penggambaran dari berpasangan. Biasanya mereka langsung heboh dan langsung ber cie cie. Perasaan cinta yang melandasi komitmen jadian antara atom adalah elektron yang terlibat diantata kedua atom (semoga pembaca paham wk wk wk).Â
Keempat gunakan juga spidol berwarna-warni dalam tulisan. Perbedaan spidol ini mampu menyihir mata siswa karena terlihat lebih manis. Tanda cinta dengan warna merah yang saya buat biasanya membuat mereka semangat.Â
Kalau tak pintar-pintar dalam memberi catatan saya merasa kasihan pada siswa-siswa. Pelajaran kimia sebagai pelajaran eksak rumusnya kata anak-anak segambreng. Tak jarang anak parno jika diajak belajar kimia. Kalau saya tak mau bersusah payah dalam mengakalinya maka siswa-siswi bisa jadi menutup mata saat saya bersuara.Â
Maka dari itu, karena catatan menjadi panduan belajar mereka nanti di rumah, sebisa mungkin kita buat agar tulisan kita menarik untuk mereka lihat.Â
Catatan merupakan gerbang awal masuknya penyampaian ilmu kepada siswa-siswi. Maka jangan asal menulis agar ilmu yang kita sampaikan tidak lagi mistis apalagi bikin meringis.Â