Mohon tunggu...
Lamhot Situmorang
Lamhot Situmorang Mohon Tunggu... Petani - Freelancer

Seorang petani yang menyukai menulis disaat waktu senggang

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

4 Tim Dipastikan Lolos ke Babak 16 Besar Piala Asia 2023 Qatar

21 Januari 2024   11:29 Diperbarui: 21 Januari 2024   11:43 157
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
gambar trofi piala asia (foto: kompas.com)

Pertandingan babak kedua penyisihan grup telah hampir selesai dan hanya menyisahkan pertandingan di grup F, yang diantaranya Arab Saudi vs Kirgistan dan Thailan vs Oman. Sebelum memasuki laga ketiga masing-masing grup, ada empat tim yang sudah bisa dipastikan lolos ke babak 16 besar piala asia 2023 Qatar.

1. Qatar (Grup A)

Tim pertama yang mengunci tiket ke bababk knock-out adalah tim tuan rumah Qatar, dimana timnas yang berjuluk Al-Annabi ini berhasil mengoleksi 6 poin dari dua kemenangan. Dan di pertandingan terakhir akan berhadapan China yang akan digelar di stadion Internasional Khalifa pada hari senin, 22 Januari 2023 pukul 22.00 wib.

Meskipun sudah dipastikan lolos ke babak selanjutnya, pelatih Qatar Carlos Queiroz memiliki ambisi menyapu bersih tiga pertandingan dengan kemenangan. Selain itu, Carlos Quieroz mengaku sangat senang dengan hasil ini karena mereka bisa menghindari bertemu Australia yang juga dipastikan lolos dari grup B.

Qatar tinggal menunggu lawan berikutnya dari grup B antara Suriah atau Uzbekistan dimana kedua tim sedang berjuang memperebutkan posisi kedua grup B,

2. Australia (Grup B)

Tim kedua yang dipastikan lolos ke babak knock-out adalah Australia, tim asuhan pelatih Graham Arnold ini juga mencatatkan dua kemenangan dari India yang berakhir dengan skor 2-0 dan menang tipis 1-0 dari Suriah sehingga Australia kokoh di posisi pertam grup B dengan 6 poin. Dipertandingan terakhir Australia akan ditantang Uzbekistan yang saat ini mengincar posisi kedua grup, ini merupakan laga sengit bagi tim asuhan Graham Arnold untuk menguji kekuatan timnya sebelum memainkan babak gugur 16 besar.

3. Iran (Grup C)

Iran juga mengikuti jejak Qatar dan Australia yang sama-sama mengoleksi 6 poin dari dua kemenangan yang dilakoni menghadapi Palestina 4-1 dan Hongkong 0-1. Di laga terakhir grup C Iran akan melawan Uni Emirat Arab, laga ini tidak akan mempengaruhi lolos tidaknya Iran ke babak 16 besar grup. Akan tetapi, Iran harus bisa mengalahkan UEA agar mengunci posisi pertama grup C jika kalah maka UEA akan menggeser posisi Iran di puncak grup.

Saat ini Iran mengoleksi 6 poin disusul UEA yang berada di posisi kedua dengan poin 4, menghadapi UEA kemungkinan Iran akan mengalah untuk mengelak Jepang yang berpotensi lolos sebagai runner up grup D jika bisa mengalahkan timnas Indonesia di laga terakhirnya.

4. Irak (Grup D)

Irak menjadi tim keempat yang sudah mematiskan lolos ke babak 16 besar menyusul Qatar, Australia dan Iran. Tim  asuhan Jesus Casas ini menjadi tim yang over power setelah berhasil mengalahkan kandidat juara Piala Asia yaitu Jepang dengan skor 2-1.

Ini merupakan prestasi luar biasa bagi Irak dimana bisa mengalahkan Jepang yang notabene memiliki segudang pemain bintang yang berlaga di benua Eropa, Sejak ditangani Jesus Casas Irak memang menjadi tim yang terbilang tangguh dan menjadi perhitungan negara-negara Asia Timur dan Asia Barat di Piala Asia ini.

Irak berhasil memetik dua kemenangan dari Indonesia 3-1 dan Jepang 2-1, di laga terakhir Irak akan berhadapan dengan Vietnam yang saat ini berada di posisi juru kunci grup D. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun