Mohon tunggu...
Lalu MohamadZainudin
Lalu MohamadZainudin Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Hobi saya main bola

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pentingnya Pendidikan untuk Anak di Bawah Umur

5 September 2022   14:10 Diperbarui: 5 September 2022   14:18 104
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

         

        Dalam hidup pendidikan merupakan suatu kebutuhan pokok yang harus dipenuhi oleh setiap orang tidak terkecuali anak-anak dibawah umur, mereka sebagai tonggak estapet untuk memajukan dan mensejahterakan rakyat pada masa yang akan datang. 

           Pendidikan juga dapat diartikan sebagai salah satu bagian dari kegiatan kebudayaan, ataupun salah satu proses regenerasi. Pendidikan juga memberikan contoh sehingga anak dan cucunya siap secara jasmani maupun rohani untuk melanjutkan kehidupan yang lebih baik dan tetap mempertahankan tradisi orang tua dan nenek moyang mereka yang sudah ada sejak dahulu. Menurut parah ahli, pendidikan anak sejak dini membuat mereka bisa berinteraksi dalam hubungan sosial. Dalam hal ini anak-anak mulai bermain dan belajar bersama dengan teman-temannya melalui interaksi sosial yang terjadi. Kegiatan ini dapat membantu mereka untuk mengelola stres hingga dapat menyelesaikan masalah. 

           Adapun manfaat pendidikan yang diberikan kepada anak sejak usia dini ialah: 

1. Membantu perkembangan anak

 Perkembangan anak bisa dilihat dari emosional dan intelektualnya. Pada masa anak-anak mereka akan menerima banyak pengetahuan baru yang penting di usianya. Dengan perkembangan pendidikan yang diberikan terhadap anak diharapkan mereka mampu untuk lebih kreatif, mandiri dan yang lebih utama yaitu percaya diri. 

2. Membentuk karakter anak yang lebih baik

Memberikan pendidikan yang baik, ramah, dan gembira, dapat membentuk kepribadian yang positif terhadap anak. Mereka juga akan terlatih untuk berinteraksi dengan orang-orang disekitarnya, sehingga terciptanya suasana yang harmonis dan bersosialisasi.

3. Pembentukan sumber daya manusia yang baik untuk masa depan. 

Memberikan pendidikan yang baik terhadap anak sangat berdampak untuk kehidupan di masa depan. Yang dimana anak sebagai regenerasi masa depan akan memiliki kualitas yang baik dari segi intelektual, Karakter, maupun sosial.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun