Mohon tunggu...
Lailatin farikhah
Lailatin farikhah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Bisnis is my life

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Mengikuti Program Vaksinasi Covid-19

28 September 2021   09:38 Diperbarui: 28 September 2021   09:50 26 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Mengikuti Program Vaksinasi Covid-19
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Ikut Program Vaksin Dalam Rangka Pencegahan Penularan Covid-19

Pandemi covid-19 perlu disikapi oleh individ di tanah air. Penyebaran virus covid-19 masih terus terjadi. Kondisi krisis diperparah fasilitas dan sumber daya manusia yang terbatas baik keahliannya dan pengetahuannya. Pentingnya kesadaran semua pihak untuk melawan pandemi covid-19, karena kondisi yang dihadapi saat ini serius. Oleh karena itu perlunya solidaritas masyarakat di tengah krisis covid-19.

Solidaritas masyarakat dalam bentuk apapun dapat disumbangkan kepada mereka yang terimbas dampak penyebaran virus. Solidaritas untuk meringankan kerja tenaga medis adalah dengan selalu mentaati anjuran pemerintah melalui kebijakan-kebijakan dalam menghadapi dan menyelesaikan pandemi ini. 

Kurangnya kesadaran masyarakat pentingnya menerapkan protokol kesehatan merupakan salah satu faktor penyebab kasus covid-19 belum menurun, sehingga dirasa perlu untuk melakukan sosialisasi dengan menginformasikan dan mengingatkan kepada masyarakat tentang penerapan protokol kesehatan pencegahan penularan covid-19.

Guna menekan kasus covid-19, pemerintah menganjurka pemberin vaksin covid-19 kepada masyakat. 

Masyarakat yang terbiasa menggunakan masker serta sadar akan pentingnya pemakaian masker ketika beraktifitas diluar rumah, maka akan tumbuhnya pemahaman dan kesadaran pentingnya vaksin covid-19 demi menekan kasus yang terjadi. Vaksin covid-19 diharapkan bisa menjadi solusi untuk mengakhiri pandemi yang banyak menelan korban jiwa dan melumpuhkan aktifitas masyarakat.

Vaksinasi adalah pemberian antigen yang dapat menghasilkan pembentukan kekebalan sistem imun di dalam tubuh. Vaksinasi sebagai upaya pencegahan primer yang mampu mencegah penyakit. Dengan prosedur vaksinasi diharapkan akan memperoleh kekebalan yang optimal, penyuntikan yang aman dan Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) yang minimal.

Upaya vaksinasi yang dilakukan saat ini, tidak semata-mata menjadi upaya melindungi masyarakat dari penularan covid-19. Vaksinasi tidak akan berhasil apabila tidak diimbangi dengan protokol kesehatan. Perlu waktu untuk tubuh kita membentuk antibodi, sehingga siapa pun yang sudah vaksin tidak boleh meninggalkan protokol kesehatan 5M.

Tujuan dari vaksinasi covid-19 yaitu mengurangi penularan covid-19, menurunnya angka kesakitan dan kematian akibat covid-19, mencapai kekebalan diri di masyarakat (herd immunity) dan melindungi masyarakat dri covid-19 agar tetap produktif secara sosial dan ekonomi. Kekebalan kelompok hanya dapat terbentuk apabila cakupan vaksinasi tinggi dan merata di seluruh wilayah Indonesia.

Sumber : diskes.baliprov.go.id & Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Amir Hamzah
Penulis : Lailatin Farikhah (Anggota KKN MDR SANS IPMAFA)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan