Mohon tunggu...
Anis Styoningrm
Anis Styoningrm Mohon Tunggu... Mahasiswa UNS

Mahasiswa UNS Program Studi Statistika

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Upaya Tanggap Pencegahan COVID-19 Melalui Program KKN UNS

4 Agustus 2020   00:47 Diperbarui: 4 Agustus 2020   01:13 6 2 0 Mohon Tunggu...

Upaya Tanggap Pencegahan COVID-19 Melalui Program KKN UNS

Pandemi yang disebabkan oleh COVID-19 masih terjadi sampai hari ini dan tidak dapat diketahui secara pasti kapan akan berakhir, berbagai upaya, peraturan, protokol kesehatan dan penyesuaian telah dilakukan dalam menghadapi pandemi ini. Pemerintah pusat dan daerah  juga telah bekerja keras dalam menangani COVID-19 di Indonesia, namun upaya-upaya tersebut tidak akan mendapatkan hasil yang maksimal jika tidak disertai dengan peran serta masyarakat, seperti melakukan social distancing dan pola hidup sehat.

            Banyaknya masyarakat yang masih belum memahami sepenuhnya mengenai bahaya, cara penularan, dan cara mencegah COVID-19 menjadi hal yang tidak bisa disepelekan.

Untuk menambah pengetahuan dan pemahaman masyarakat terhadap bahaya cara penularan, dan cara pencegahan COVID-19 salah satu Mahasiswa UNS melakukan program KKN UNS Era COVID-19  di Ngiri Rt 01 Rw 03, Desa Ngemplak, Kecamatan Karangpandan , Kaupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Provinsi Jawa Tengah.

            Anis Setyoningrum (M0717013), salah satu mahasiswi Program Studi Statistika UNS yang turut berpatisipasi dalam program KKN UNS Era COVID-19 mengajak dan memberikan informasi kepada masyarakat di Rt 01 Rw 03, Desa Ngemplak, Kecamatan Karangpandan , Kaupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Provinsi Jawa Tengah untuk menambah pemahaman masyarakat terhadap COVID-19 dan mengajak masyarakat menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat ( PHBS) melalui beberapa program KKN Era  COVID-19.

           KKN ini berlangsung pada tanggal 8 Juni- 17 Juli 2020. Pelaksanaan kegiatan program KKN ini dibawah pendampingan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL ) Drs. Waridi Hendro Saputro, M. Si.

          Program kegiatan yang dilaksanakan selama KKN UNS Era COVID-19 antara lain :

(1) Program pengadaan ember cuci tangan yang diletakkan di tempat- tempat ramai sekitar lokasi KKN sebagai salah satu upaya meningkat kesadaran masyarakat untuk selal menjaga kebersihan tangan.

(2) Mendesign poster mengenai pencegahan COVID-19, antara lain bahaya penyemprotan disinfektan ke tubuh manusia, cara memakai masker yang benar, protokol kesehatan di pasar, adaptasi kebiasaan baru di tempat ibadah, physical distancing, dll.

(3) Membagikan poster cara mencuci tangan yang benar menurut WHO kepada masyarakat, diharapkan masyarakat bisa menerapkan perilaku hidup bersih.

(4) Sosialisasi online mengenai COVID-19 ( membagikan poster yang sudah dibuat ke grup Whatsapp).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN