Mohon tunggu...
Syasya_mama
Syasya_mama Mohon Tunggu... Wiraswasta

Ibu 2 Putri, Indonesia - Korea 가는 말이 고와야 오는 말이 곱다 (Jika kata yang keluar baik, kata yang akan datang pun akan baik )

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Artikel Utama

Cegah Kegemukan dengan Sewa Sepeda ala Warga Korea

21 September 2019   01:00 Diperbarui: 21 September 2019   15:52 0 9 5 Mohon Tunggu...
Cegah Kegemukan dengan Sewa Sepeda ala Warga Korea
Ttaleungi jachenge di Korea (Foto syasya)

Aktivitas para karyawan kantoran di Korea setiap senin hingga jum'at ialah masuk kerja jam 9 pagi dan pulang kerja jam  6 sore.

Biasanya hari sabtu dan minggu mereka gunakan untuk jalan-jalan atau tidur seharian. Jadi enggak ada waktu buat olahraga, padahal kebanyakan orang Korea takut gemuk. 

Sebenarnya bukan cuman orang Korea yang takut gemuk kan ya? Orang Indonesia juga takut gemuk apalagi cewek. Akhirnya berbagai carapun dilakukan biar enggak gemuk, meskipun makanan yang dikonsumsi sudah dikurangi. Nah di Korea, rata-rata orang yang merasa gemuk, mensiasatinya dengan sewa sepeda setelah pulang kerja.  

Wiiiih masa sewa sepedah bisa nurunin kegemukan? Emang sepeda bisa dimakan apa? Husss.... kalau makan sepeda mah bisa protol kabeh tuh gigi, ya kan?

Di Korea, kebanyakan karyawan kantor biasanya berangkat kerja naik bus atau subway (kereta bawah tanah atau jihacheol), sementara pulang kerja naik sepeda. 

Lah gimana bisa berangkat enggak naik sepeda, lalu pulangnya naik sepeda? Yaaa begitulah tinggal di negeri maju seperti Korea. apa saja bisa layaknya kantong Doraemon. 

Kalau kamu ke Korea, kamu akan menemukan tempat penyewaan sepeda yang harganya relatif terjangkau. Untuk sewa selama 1 jam, kamu cukup bandrol kocek seharga 1000 Won. Nah, kalau kamu mau sewa selama 7 hari, kamu akan dikenakan biaya seharga 3000 Won. 

Sementara jika kamu ingin sewa selama sebulan, biaya yang dikenakan pun seharga 5000 Won dan jika selama 180 hari seharga 15000 Won. 

Dan jika sepeda yang kamu gunakan tidak lebih dari satu jam walaupun dalam sehari, kamu bisa menggunakannya berkali-kali. Namun perlu diingat, jangan lebih dari 1 jam ya. Jika kamu gunakan selama 1 jam lebih 5 menit saja, maka per 5 menit akan didenda 200 Won. 

Sistem persepedahan yang digital (Foto Syasya)
Sistem persepedahan yang digital (Foto Syasya)
Bagaimana cara pinjamnya?

Cara sewa sepeda di Korea dengan memakai pin atau dengan kartu. Jika pakai pin, kamu harus membuka ttaleungi jachenge kemudian daftar member. Kalau sudah sukses daftar, maka akan diberi pin dengan 4 angka. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x