Abstrak
Penelitian ini mengangkat beberpa masalah yang dilandasi atas dasar Mempelajari disiplin ilmu pengetahuan Barat dalam hal psikologi, seseorang harus berusaha mempelajari landasan filosofisnya dan latar belakang sejarahnya, jangan menerima mentah-mentah teori secara praktiknya, tanpa adanya penyeleksian mana yang sesuai dengan ajaran Islam dan mana yang tidak.Â
Maka, penelitian ini bertujuan untuk mengkaji konsep belajar dalam pandangan Islam khususnya pemikiran Ibnu Khaldun dan pandangan Barat khususnya pemikiran Jean Piaget dan aplikasi konsep belajar Ibnu Khaldun dan Jean Piaget dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam.Â
Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan dimana peneliti berhadapan langsung dengan teks atau data angka yang umunya merupakan data sekunder yang tersimpan dalam rekaman. Teknik analisis yang digunakan adalah dengan cara mengkaji kajian pustaka yang menjadi sumber rujukan.Â
Hasil Penelitian ini 1) konsep belajar menurut Ibnu Khaldun adalah suatu proses mentransformasikan nilai-nilai yang diperoleh dari pengalaman untuk dapat mempertahankan eksistensi manusia dalam peradaban masyarakat.Â
Konsep belajar menurut pandangan Barat (Non-Islam) adalah perubahan tingkah laku yang relatif menetap yang terjadi sebagai hasil dari pengalaman atau tingkah laku yang dilakukan secara sadar.Â
Sedangkan, konsep belajar menurut Jean Piaget adalah merupakan suatu proses pembentukan pengetahuan (peristiwa mental bukan peristiwa behavioral), proses internal yang tidak dapat diamati secara langsung.Â
Aplikasi konsep belajar Ibnu Khaldun dan Jean Piaget dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam, di antaranya adalah: Mengajarkan pengetahuan secara berangsur-angsur dan sedikit demi sedikit. Maksudnya adalah apabila peserta didik telah menguasai suatu ilmu pengetahuan (materi awal), baru diberikan pengetahuan yang lain (materi baru atau materi selanjutnya).
 Pendahuluan
Belajar adalah key term (istilah kunci) yang paling vital dalam setiap usaha pendidikan, sehingga tanpa belajar sesungguhnya tidak pernah ada pendidikan.Â
Sehingga suatu proses, belajar selalu mendapat tempat yang luas dalam disiplin ilmu yang berkaitan dengan upaya pendidikan.[1] Belajar dalam Islam merupakan kewajiban bagi setiap orang yang beriman agar memperoleh ilmu pengetahuan guna meningkatkan derajat hidupnya.