Kapan hari aku pernah mampir nih ke salah satu kantor Telkom Indonesia, eh gak sengaja lihat ada satu ruangan menarik. Wah, ternyata itu Indibiz Experience.
Emang sih dari luar udah kelihatan beda, modern, interaktif, dan penuh energi. Jadi makin kepo aja, jadi aku langsung masuk, ternyata dalamnya amazing banget lho.
Pas masuk aku langsung melihat bagaimana para pelaku UKM bisa "berkenalan" dengan berbagai solusi digital yang dikembangkan oleh Telkom melalui Indibiz. Disini ada simulasi toko, klinik, sekolah, bahkan kafe yang semuanya udah pakai sistem digital. Mulai dari sistem kasir digital, absensi online, sampai pemantauan CCTV melalui HP. Sempat terlintas dipikiranku, ini sih pasti buat usaha yang udah sukses, lho tapi malah ternyata UKM apapun bisa banget mulai bertransformasi digital juga, caranya pun lebih mudah dan praktis.
Pentingnya Kesadaran Digitalisasi
Indibiz merupakan solusi digital yang dihadirkan oleh Telkom Indonesia untuk membantu UKM di seluruh Indonesia agar dapat go digital. Dan yang paling menarik disini adalah pelau UKM tidak hanya jualan produk saja, disini Telkom hadir lewat Indibiz untuk mengedukasi dan mendampingi pelaku UKM.
Saya sangat setuju edukasi jadi kunci utamanya, karena ternyata banyak pelaku UKM, bahkan di luar kota besar yang belum mengerti pentingnya digitalisasi.
Terbukti dengan masih banyaknya pelaku UKM yang mencatat transaksi di buku tulis, simpan data pelanggan di kertas, bahkan belum tahu soal sistem keamanan berbasis digital. Sebenarnya semua itu bisa membuat usaha jadi lebih efisien, aman, dan berkembang.
Belajar Teknologi Sambil Praktik Langsung Hanya Ada di Indibiz Experience
Hanya di Indibiz Experience, para pelaku UKM bisa langsung praktik lho, seperti bagaimana cara pakai aplikasi absensi digital buat sekolah, atau gimana sistem antrian online bisa bantu klinik kecil lebih rapi. Di Indibiz Experience semuanya dijelaskan dengan cara yang sederhana dan aplikatif.