Mohon tunggu...
Lailil murronuril
Lailil murronuril Mohon Tunggu... mahasiswa

tidak semua orang jahat tidak mempunyai masa depan yang lebih baik , dan tidak semua orang baik yang tidak memiliki masa lalu yang buruk

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Menganalisis Filsafat Ilmu Kelompok 3 Piadu IAIN Jember

7 Desember 2019   12:56 Diperbarui: 7 Desember 2019   13:16 3 0 0 Mohon Tunggu...

Filsafat ilmu adalah bagian dari filsafat yang menjawab beberapa pertanyaan menegenai hakikat ilmu. Bidang ini mempelajari dasar-dasar filsafat asumsi atau implikasi dari ilmu yang termasuk diantaranya ilmu alam dan ilmu sosial.

Objek filsafat dibagi menjadi 2 ,material dan formal. Objek Material adalah  apa yang dipelajari dan dikupas sebagai bahan atau materi dari pembicaraan , objek ini sering dijadikan sasaran meneylidiki oleh suatu ilmu atau objek yang dipelajari ilmu itu sendiri. 

Sedangkan objek formal sendiri adalah cara pendekatan yang dipakai objek material yang sedimikian sehingga mencirikan atau mengkhususkan bidang kegiatan  yang bersangkutan. Jika cara pendekatan itu logis , konsisten dan efisien maka dihasilkan system filsafat ilmu.

 Problema filsafat ilmu , masalah adalah suatu saat sejauh praktis atau teoriyang  untuk itu tidak ada jawaaban lazim atau otomatis yang menandai oleh alasan itu membutuhkan persyaratan lanjutan, disejajarkan diskusi dengan pengembangan ilmu pengetahuan, ilmu ontology , epitesmologi dan aksiologi.

Problem ontologis ilmu adalah perkembangan dan kebenaran ilmu yang bertumpu pada landasan ontologis. Problem epitesmologis, bahasan asal muasalan sifat alami buatan atau koinsep berfikir polidasi raebilitasi metode menghasilkan kebenaran sedangkan problema aksiologis ilmu sendiri adalah pemaparan,penafrsiran dan peranan ilmu dalam peradaban dunia.

Fungsi dan arah filsafat ilmu

  • Membantu mendalami pertanyaan tentang ilmu
  • Sebagai Kritik ideology melalui kemampuan menganalisis secara terbuka dan kritis tentang argument argument dalam hal agam dan tentang dunia
  • Metode wawasan kritis dalam mempelajari study studi khusu
  • Sebagai dasar paling luas untuk berpartisipasi secara kritis dalam Kehidupan intelektual pada umumnya atau lingkungan akademik
  • Memberikan wawasan lebih luas untuk Menyelesaikan masalah intelektual spiritual dan ideologis

Arah filsafat ilmu

  • Filsafat ilmu diarahkan dalam pembekalan,pemahaman terhadapn wawasan.
  • Diarahkan untuk lebih memanusiakan diri atau membangun diri sendiri
  • Mempertahakan sifat yang objektif
  • Agar berfikir secara holiktik dalam menyelesaikan masalah
  • Tidak bergantung dengan orang lain  

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x