Mohon tunggu...
Lailatus SaadatulMukaromah
Lailatus SaadatulMukaromah Mohon Tunggu... Guru - Mahasiswa\Guru

Makan Dan Nonton

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Tatkala Siswa Bukan Hanya Tanggung Jawab Guru

25 Mei 2022   13:30 Diperbarui: 25 Mei 2022   13:36 52 4 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Guru merupakan figur sentral dalam penyelenggaraan pendidikan, karena guru adalah sosok yang sangat diperlukan untuk memicu keberhasilan peserta didiknya. siswa sangat tergantung pada pertanggung jawaban guru dalam melaksanakan tugasnya.

Perkembangan ilmu pengetahuan dalam kehidupan masyarakat penuh dengan tuntutan dari berbagai sektor sangat berpengaruh pada kehidupan sekolah. Untuk melaksanakan profesinya guru sangat memerlukan aneka ragam pengetahuan dan keterampilan guru yang memadai sesuai dengan tuntutan zaman.

Dalam kegiatan belajar mengajar, guru merupakan pemegang peran yang sangat penting, kepada gurulah tugas dan tanggung jawab, merencanakan dan melaksanakan proses kegiatan belajar mengajar.

Pengelolaan kelas merupakan wujud kreatifitas guru untuk mengadakan dan memelihara kondisi belajar yang optimal dan mengembalikannya bila terjadi gangguan dalam proses belajar mengajar.

Dalam menjalankan tugas, guru harus memiliki seperangakat kemampuan baik dalam bidang yang akan disampaikan, maupun kemampuan untuk menyampaikan bahan itu agar mudah diterima oleh peserta didik.

Adapun kemampuan yang harus dimiliki kaitannya dengan membina anak didik meliputi kemampuan mengawasi, membina, dan mengembangkan kemampuan siswa baik personil, profesional maupun sosial. Guru bisa menetukan berhasil atau tidaknya sebuah proses belajar mengajar. oleh sebab itu, di proses pendidikan dan pengajaran perlu tersedianya pengajar yang qualified, artinya adalah disamping menguasai materi ajar, metode mengajar, juga mengerti ihwal dasardasar pendidikan.

Dasar-dasar pendidikan amat sangat penting diketahui sang seorang pengajar dalam melaksanakan tugasnya yang mulia menjadi pengajar atau pendidik, hal ini adalah sebagai sarana untuk membangkitkan dan memotivasi peserta didik pada proses belajar mereka.

Walaupun penguasaan materinya sangat baik, akan tetapi tak didukung sang pengetahuan akan faktor-faktor didaktis, maka akan menimbulkan akibat sebuah hambatan pada penguasaan materi bagi peserta didik terhadap apa-apa yang disampaikan sang pengajar tersebut. Meskipun terhadap pengalaman belajar justru menyebabkan guru lebih simpel pada menyampaikan pelajaran disertai memakai penggunaan metode yang baik serta tepat.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan