Mohon tunggu...
Lailatun Nuraniyah
Lailatun Nuraniyah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Negeri Malang

Kuliah Kerja Nyata (KKN) Candirenggo

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Edukasi Masyarakat Candirenggo, Mahasiswa KKN UM 2021 Kembangkan Media Poster dan E-Leaflet Situs Sejarah di Candi Singosari

25 Juli 2021   13:36 Diperbarui: 25 Juli 2021   13:58 35 1 0 Mohon Tunggu...

Singosari-Kabupaten Malang. Pada masa pandemi Covid-19 menjadikan banyak aktivitas yang harus dihentikan agar tidak terjadi kerumunan untuk mengurangi resiko penyebaran virus. Hal tersebut juga menjadikan terhambatnya kegiatan pembelajaran siswa maupun mahasiswa di seluruh Indonesia. Namun hal ini tidak menjadi hambatan dalam pelaksanaan kegiatan Kuliah Kerja Nyata bagi Mahasiswa Universitas Negeri Malang. Namun kegiatan mahasiswa dalam mengikuti kegiatan Kuliah Kerja Nyata tetap menerapkan protokol kesehatan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah.

Meskipun pelaksanaan KKN berada ditengah-tengah pandemi Covid-19, mahasiswa tetap berusaha untuk terus pengembangan potensi yang ada di daerah penempatan masing-masing. Mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang yang melaksanakan KKN di Kelurahan Candirenggo, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang memutuskan untuk mengembangkan media Poster serta E-leaflet mengenai situs sejarah di Candi Singosari yang berada di Kelurahan Candirenggo. Mengingat potensi yang cukup besar dengan adanya peninggalan sejarah berupa situs Candi Singosari dan Arca Dwarapala dapat menjadi edukasi dan pengetahuan mengenai sejarah bagi masyarakat di Kelurahan Candirenggo.

Dengan masih adanya virus Corona tidak membuat mahasiswa KKN UM Candirenggo 2021 patah semangat dalam memperkenalkan sekaligus memberikan pengetahuan mengenai sejarah kepada masyarakat luas, namun khususnya adalah masyarakat di Kelurahan Candirenggo. oleh karena itu, Terbesit dalam pikiran mahasiswa untuk melaksanakan program kerja berupa pembuatan Poster serta E-leaflet tentang situs Candi Singosari dan Arca Dwarapala, yang nantinya akan diletakkan di Kelurahan Candirenggo, agar dapat dibaca oleh masyarakat yang datang berkunjung ke kelurahan. Pada Poster dan E-leaflet yang telah dibuat oleh tim KKN UM Candirenggo terdapat barcode untuk di scan, dimana di dalamnya  menyajikan informasi lengkap mengenai raja yang pernah berkuasa dan juga tentang peninggalan-peninggalan yang ada di Candi Singosari, salah satunya yaitu Arca Dwarapala.

Dalam kegiatan pembuatan Poster dan juga E-leafleat, penanggung jawab program kerja yaitu saudari Kristina Jala Gita dan saudara Yusuf Bakti Nugraha melakukan diskusi secara online. Latar belakang jurusan yang sama yaitu pendidikan sejarah, maka keduanya dapat saling bertukar pemikiran satu sama lain selama proses pembuatan Program kerja tersebut.

Pada pengerjaan Poster dan juga E-leaflet ini, mahasiswa tidak banyak terjun langsung ke lapangan, melainkan lebih sering melalui diskusi online atau virtual. Waktu pengerjaan dilakuan selama 5 hari, mulai tanggal 15 s/d 20 Juli 2021. Kemudian dicetak dan diserahkan pada hari Jumat (23/07/2021) kepada Pihak Kelurahan, untuk ditempelkan di dinding/kaca. Sedangkan untuk E-leaflet di letakan di meja recepsionis agar warga dapat membaca dengan menunggu keperluan yang berada di kantor Kelurahan Candirenggo.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN