Gayahidup

Perkembangan Anak Sangat Penting di Dalamnya

4 April 2019   21:02 Diperbarui: 4 April 2019   21:12 32 0 0

Taukah kita sebagai orang tua yang selalu dekat dengan anak-anak waktu ada di rumah maupun di luar rumah, didalam perkembangan anak. Apa ada yang tau dari perkembangan anak? 

Di dalam perkembangan anak adalah istilah perkembangan anak mengacu pada proses di mana seseorang anak tumbuh dan mengalami berbagai perubahan sepanjang hidupnya. 

Perkembangan tersebut ditentukan secara genetik, serta dipengaruhi dan dimodifikasi oleh berbagai faktor lingkungan seperti nutrisi, kondisi hidup dan segala hal yang dialami pada setiap tahap kehidupan. 

Jadi kita harus tau di dalam perkembangan aspek-aspek perkembangan anak di dalamnya dalam banyak hal yang kita harus tau para orang tua maupun para guru-guru anak yang dia ajar, seperti perkembangan fisik karena didalam perkembangan fisik anak di mana kemampuan tubuh seseorang mengalami peningkatan didalam perkembangan nya seperti keterampilan motorik kasar anak seperti mengunakan otot-otot besar dalam tubuh termasuk didalamnya berjalan, melompat, berlari,memanjat,dan dll.

Dan juga di dalam keterampilan motorik halus anak juga seperti pergerakan anggota tubuh, biasanya di lengan, Utuk melempar, menangkap, dan gerakan lengan lainnya. Dan juga penggunaan tangan serta jari Utuk menunjuk, menggambar, menggunakan garpu dan pisau, menulis, mengikat tali sepatu, dan dll. 

Karena di dalam hal itu kita harus tau apa anak bisa melakukan dalam aspek-aspek tersebut dengan baik di dalam perkembangan anak dan juga di dalam perkembangan anak juga harus tau perkembangan sensorik pada anak karena didalam perkembangan sensorik mencakup perkembangan atas semua indera: seperti penglihatan, pendengaran, penciuman, perasaan,peraba, dan kinestetik akal. 

Dan ada juga perkembangan konitif karena perkembangan konitif (atau intelektual) adalah perkembangan BB pikiran bagian otak yang di pakai untuk memahami, mengetahui,dan menalar serta mengenali sesuatu. Bagian ini mencakup: pengetahuan serta kemampuan Utuk mengenali, memahami dan mengatasi masalah, memori, konsentrasi, perhatian dan persepsi, imnajinas, dan kreativitas Tersebut di dalamnya.

Dan banyak yang lainya didalam perkembangan anak tersebut yang para kita harus benar-benar kita ketahui di dalamnya selainnya yang saya sebutkan masih banyak yang lainya kalian ketahui di dalamnya tersebut, seperti bahasa anak perkembangan komunikasi terhadap anak  yang kita benar- benar tau didalamnya perkembangan bahasa sangat erat hubungannya dengan perkembangan konitif anak seperti di dalam bahasa kata-kata yang diterima/ mengerti oleh seseorang, kata-kata yang diproduksi seseorang, bagaimana seseorang mencakup kata-kata tersebut dengan baik didalam nya dan anak- anak bisanya untuk berkomunikasi dengan begunaka banyak hal seperti bahasa tubuh:  seperti ekspresi wajah, kontak mata, menunjuk, menyentuh, atau mengambil benda tertentu. 

Mendengarkan pembicaran sesamanya, membuat bunyi-bunyi Utuk menarik perhatian, meniru suara-suara yang dibuat orang lain tersebut di dalam nya juga di dalam perkembangan emosional anak karena didalam perkembangan emosional mencakup perkembangan perasaan: muncunya raa dan kesadaran diri sendiri, muncul dan berkembang rasa terhadap orang lain, berkembang nya rasa percaya diri dan konsep diri. 

Dan begitu banyak sekali di dalam perkembangan anak ini jadi kita sebagai orang tua benar tau apa anak melewati hal itu dengan baik apa belum di dalam perkembangan anak tersebut.