Mohon tunggu...
Laila Catur Hapsari
Laila Catur Hapsari Mohon Tunggu... Mahasiswa - Laila Catur Hapsari

Keluar dari zona nyaman

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Manfaat Vaksin Covid-19 Demi Memutus Rantai Penularan Covid-19

1 Agustus 2021   14:21 Diperbarui: 1 Agustus 2021   14:23 40 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Manfaat Vaksin Covid-19 Demi Memutus Rantai Penularan Covid-19
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Vaksin COVID-19 adalah sebuah alat yang dapat digunakan untuk membantu sistem imun manusia melawan penyakit yang dikeluarkan oleh lembaga-lembaga kesehatan untuk menanggulangi penyebaran virus corona yang kasusnya semakin bertambah hingga hari ini.. Pada masa pandemi seperti ini, pemberiaan vaksin sangat dianjurkan oleh pemerintah. Karena dengan adanya vaksin banyak manfaat yang dapat diperoleh untuk diri kita maupun untuk orang lain. Oleh karena itu, pemerintah dengan gencar menganjurkan seluruh rakyat Indonesia mendapatkan vaksin Covid-19 agar pandemi ini segera reda hingga akhirnya hilang.

            Saat ini seluruh negara di dunia sedang gencar memberikan warganya vaksin Covid-19. Tak terkecuali Indonesia, Indonesia juga sedang mengupayakan seluruh rakyatnya yang memenuhi syarat untuk diberikan vaksin Covid-19. Hal tersebut dapat dilihat dari ribuan dosis vaksin yang telah didatangkan dari luar negeri ke Indonesia mulai bulan Desember tahun 2020 lalu. Vaksin-vaksin tersebut kemudian akan diuji oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) yang kemudian akan didistribusikan kepada seluruh elemen masyarakat.

            Seiring dengan banyaknya pembicaraan tentang vaksin Covid-19 ini, banyak sekali pembicaraan-pembicaraan yang sifatnya bohong atau hoax. Pembicaraannya, seperti vaksin Covid-19 mengandung mikrocip, dapat merubah DNA seseorang, maupun dapat membunuh seseorang. Pembicaraan-pembicaraan seperti ini akan memengaruhi seseorang sehingga mereka tidak mau diberi vaksin Covid-19. Nyatanya vaksin ini dapat memberikan kita manfaat bagi diri kita sendiri maupun bagi orang lain.

            Beberapa manfaat dari vaksin tersebut adalah dapat membentuk herd immunity. Vaksinasi Covid-19 dapat mencegah kita menyebarkan virus corona ke orang lain. Apabila cakupan vaksinasi tinggi dan merata, maka herd immunity akan terbentuk.   Sehingga akan mengurangi jumlah penyebaran virus corona dan dapat melindungi orang-orang yang tubuhnya tidak kebal terhadap virus corona. Namun, untuk membangun herd immunity ini tidak mudah khususnya untuk Indonesia mengingat harus 80% warga Indonesia harus sudah diberi vaksin Covid-19.

            Selain untuk membentuk herd immunity pemberian vaksin ini memberikan beberapa manfaat yang dapat dirasakan, seperti menurunkan angka kematian dan kesakitan akibat Covid-19. Vaksinasi adalah suatu proses di mana seseorang kebal atau terlindungi dari penyakit tertentu di dalam tubuhnya, sehingga jika suatu saat terkena penyakit ini, dia tidak akan sakit atau hanya akan tertular beberapa penyakit ringan. Selain itu vaksin ini juga dapat digunakan pencegahan agar kita tidak tertular virus corona. Dengan demikian yang terinfeksi virus corona akan semakin sedikit begitu pula tingkat kematian akan semakin menurun.

            Manfaat lain yang dapat diperoleh dari pemberian vaksin Covid-19 yakni kita dapat membantu melindungi generasi-generasi selanjutnya. Dengan menekan angka infeksi Covid-19 dan memutus mata rantai pandemi Covid-19, kita juga dapat melindungi generasi penerus dari penderitaan jangka panjang tertular penyakit ini. Dengan kekebalan tubuh yang sudah kuat tidak menutup kemungkinan kita dapat memutus rantai penularan dan penyebaran virus corona. Sehingga generasi selanjutnya tidak akan mengalami pandemi Covid-19 lagi.

Manfaat yang tak kalah penting, yakni apabila tubuh kita sudah kebal dan tidak ada lagi yang terpapar virus corona kita dapat membantu pihak tenaga kesehatan. Dengan tersedianya vaksin dan semakin banyak orang yang melakukan vaksinasi,maka jumlah dan penyebaran infeksi pasti akan berkurang. Hal ini mengurangi beban petugas kesehatan dan fasilitas sanitasi. Karena dalam keadaan sekarang ini sudah banyak tenaga kesehatan yang mengalami kesulitan, mulai dari mereka yang kehabisan stok Alat Perlindungan Diri (APD) bahkan tidak sedikit tenaga kesehatan yang sudah tumbang. Setidaknya dengan kita sudah divaksinasi dan tubuh kita sudah membentuk kekebalan kita dapat meringankan beban mereka karena kita juga masih membutuhkan tenaga kesehatan dimasa yang akan datang.

            Selain itu manfaat dari pemberian vaksin tersebut adalah apabila seseorang sudah divaksinasi dan terjangkit virus corona, maka kemungkinan sembuhnya akan lebih cepat daripada yang belum divaksinasi. Amin Soebandrio, Direktur Institut Biologi Molekuler Aikman, mengatakan jika terinfeksi Covid-19, orang yang divaksinasi lebih cepat sembuh daripada orang yang tidak divaksinasi. Hal tersebut dikarenakan antibody kita sudah mengenal virus corona. Sehingga antibody kita telah siap melawan virus corona yang masuk ke tubuh kita.

            Namun, perlu diingat dengan kita diberi vaksin Covid-19 ini tidak menutup kemungkinan kita akan terpapar virus corona. Maka dari itu, protokol kesehatan harus tetap diterapkan dengan baik, yakni dengan tetap menggunakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan sesering mungkin. Dengan demikian manfaat-manfaat dari kita diberi vaksin tidak akan sia-sia dan akan semakin optimal. Sehingga kita tidak akan mudah terpapar oleh virus corona dan pendemi ini akan segera berakhir.

Daftar Pustaka

GridHealth.id. (2021, 30 Juni). Jangan Takut Divaksin, Ini Manfaat Vaksin COVID-19 bagi Anak-anak hingga Lansia. Diakses pada 24 Juli 2021, dari https://health.grid.id/read/352766034/jangan-takut-divaksin-ini-5-manfaat-vaksin-covid-19-bagi-anak-anak-hingga-lansia?page=all

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x