Mohon tunggu...
Laguna Biru
Laguna Biru Mohon Tunggu... Penulis - Penulis

Menulis jadi hobi dan media dalam mencurahkan isi kepala saya

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Serunya Kuliah di Fakultas Psikologi Universitas Gunadarma

21 September 2021   22:00 Diperbarui: 21 September 2021   22:21 190 1 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Serunya Kuliah di Fakultas Psikologi Universitas Gunadarma
Edukasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Berbicara soal profesi pekerjaan yang cukup menarik dan diminati oleh banyak anak muda, maka, psikologi merupakan salah satunya. Ya, profesi menjadi seorang Psikolog sangatlah diminati mengingat peluang kerjanya yang sangat banyak. 

Pada umumnya, hampir semua fakultas psikologi di berbagai kampus di Indonesia memiliki peminat yang sangat tinggi. Hal tersebut sudah cukup untuk menunjukkan bahwa jurusan kuliah Psikologi memang sangat diminati oleh anak-anak muda pada umumnya. 

Bila kita berbicara soal Psikologi sendiri, maka akan kita dapati jawaban sebagai suatu ilmu yang terfokus pada bidang pembelajaran pikiran dan perilaku manusia. Cara kerja psikolog menggunakan psikoterapi dalam menangani pasien yang mengalami masalah gangguan kesehatan mental. 

Cakupan kerja seorang psikolog terbilang sangatlah luas, sehingga, peluang untuk terserap dalam dunia kerja yang se-linear dengan disiplin ilmunya sangatlah besar. Seorang lulusan S1 Psikologi mampu bekerja sebagai seorang konsultan psikolog, menjadi seorang psikometri, atau juga dosen pengajar. 

Guna mencapai mimpi untuk berkuliah di jurusan psikologi, tentu seorang anak muda haruslah memiliki persiapan dan prestasi yang baik sejak di bangku pendidikan di sekolah. Tanpa mempersiapkan hal tersebut secara matang, agaknya cukup mustahil untuk bisa diterima di fakultas psikologi pada suatu kampus yang pada umumnya memang dikenal memiliki tingkat persaingan peminat yang sangat tinggi. 

Namun, satu hal lain yang juga wajib dipersiapkan adalah memilih dengan tepat kampus yang memiliki jurusan Psikologi. Karena, dengan memilih kampus tepat, maka jalan untuk meretas cita-cita menjadi seorang Psikolog yang berkompeten akan menjadi sangat memungkinkan sekali tingkat ketercapaiannya. 

Maka, bila anda sedang mencari salah satu kampus yang memiliki fakultas psikologi dengan iklim pendidikan yang berkualitas serta ditunjang dengan sarana fasilitas yang baik, maka, jurusan psikologi universitas gunadarma adalah jawabannya. 

Universitas Gunadarma memang terbilang sebagai kampus yang sangat mempersiapkan program pendidikan perkuliahan dengan sangat terencana, agar mampu mencetak para sarjana psikolog yang tak hanya berkompeten dalam bidang keilmuannya, tapi juga berdaya saing tinggi. 

Lalu, bila membahas mengenai mata kuliah apa saja yang sangat identik dengan fakultas psikologi di Universitas Gunadarma, maka akan kita dapati beberapa jawaban. Yakni, Psikodiagnostika, Observasi dan Wawancara, dimana kita akan dituntut untuk mengamati dan mencatat setiap gerak gerik seseorang yang sedang diamati secara detail. 

Mata kuliah tersebut juga menuntut para mahasiswanya untuk melakukan komunikasi secara interaktif dan dua arah agar menstimulus orang yang diamati tersebut agar mengeluarkan segala keluh kesahnya.  Kemudian hasil pencatatan tersebut diolah berdasarkan teori-teori serta metode wawancara yang sebelumnya sudah dipelajari di kelas perkuliahan. 

Selain itu, di jurusan psikologi universitas gunadarma sudah bisa dipastikan juga akan mempelajari beberapa mata kuliah umum lainnya. Sebut saja, mata kuliah Sosiologi, Antropologi Psikologi, serta mata kuliah mengenai sejarah dan aliran psikologi itu sendiri. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan