Mohon tunggu...
Laela ZakyyatulFadhilah
Laela ZakyyatulFadhilah Mohon Tunggu... Mahasiswa - UIN Walisongo

Mahasiswa UIN Walisongo

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud Pilihan

Pengabdian Masyarakat dengan Bimbingan Belajar bersama Anak-Anak di Desa Pulorejo

19 Mei 2022   00:10 Diperbarui: 19 Mei 2022   00:13 128 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Tri Dharma Perguruan Tinggi itu salah satu visinya dari seluruh perguruan tinggi yang ada di Indonesia dan merupakan pencapaian yang harus dipenuhi  seluruh mahasiswa untuk menciptakan penerus bangsa yang mempunyai sikap semangat berjuang yang tinggi, disiplin dan mempunyai pemikiran yang kritis. Bentuk kegiatan  untuk mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi salah satunya adalah dengan melakukan kegiatan mengajar atau belajar bersama anak-anak didik.

Disini saya melakukan pengabdian masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak dan mengisi waktu luang dengan cara melakukan kegiatan yang bermanfaat untuk orang lain. 

Kegiatan bimbingan belajar bersama anak-anak ini dilaksanakan pada tanggal 26 -- 29 April 2022 pukul 15.00 -- 16.30 WIB sekalian menunggu waktu berbuka puasa karena tepatnya pada bulan ramadhan dan bertempat dikediaman rumah yang berada di Desa Pulorejo Kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan . 

Kegiatan bimbingan belajar ini sangat bermanfaat dan kesempatan kita untuk menanamkan sikap indahnya berbagi pada bulan ramadhan. Sasaran belajar ini pada anak TK s/d SD.

Materi yang diberikan untuk anak kelas TK yaitu belajar membaca dan berhitung untuk mengenalkan angka bilangan dan huruf-huruf. Sedangkan untuk anak SD yaitu mengajarkan materi - materi yang kurang dipahami di sekolah dan mengerjakan tugas -- tugas sekolah atau PR. Materi yang diajarkan mencakup semua mata pelajaran yang ada di sekolah.

Dokpri
Dokpri

Dokpri
Dokpri

Pada kegiatan bimbingan belajar ini diawali dengan membaca do'a, kemudian belajar materi. Khusus untuk TK yang belajar membaca dan berhitung pada akhir sesi ada kegiatan bermain. Pada permaianan ini untuk mengasah motorik anak. Bermainnya tetap berhubungan sesuai materi yang ada.

Dokpri
Dokpri

Dokpri
Dokpri

Harapannya setelah dilakukan bimbingan belajar ini, anak -- anak termotivasi untuk lebih giat atau semangat lagi dalam belajar dan mengerjakan tugas sekolah dengan sungguh -- sungguh. Selain itu, dengan adanya pengulangan materi semoga anak -- anak bisa meningkatkan pemahaman materi yang sebelumnya tidak paham. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan