Mohon tunggu...
Laduna Fairuz
Laduna Fairuz Mohon Tunggu... Mahasiswa - Manusia Biasa

Mahasiswa KKN TIM II UNDIP 2021

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mahasiswa KKN UNDIP Beri Terobosan UMKM untuk Bertahan dan Berkembang di Masa Pandemi Covid-19 Melalui Digital Marketing

4 Agustus 2021   13:10 Diperbarui: 4 Agustus 2021   13:20 138
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Penyerahan Booklet Kepada Pelaku UMKM (Dokpri)

Semarang, Bendan Ngisor (19/07/2021) -- Laduna Fairuz, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tim 2 Universitas Diponegoro Periode 2020/2021 melaksanakan kegiatan sosialisasi dan pemberian booklet tentang penerapan digital marketing pada salah satu UMKM yang didampingi kader di tengah pandemi. Kegiatan berlangsung di Kelurahan Bendan Ngisor  RW 02 pada hari  Senin (19/07/2021).

Pandemi Covid-19 saat ini, mengancam dari berbagai sektor salah satunya mengancam kondisi ekonomi masyarakat. Peraturan pemerintah yang saat ini sangat berdampak pada menurunnya kondisi ekonomi masyarakat adalah penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat Jawa-Bali yang dimulai pada tanggal 3 Juli 2021. PPKM sendiri memiliki 16 poin peraturan yang bertujuan untuk mengurangi bahkan membatasi kerumunan individu. Hal ini secara tidak langsung menyebabkan jumlah konsumen yang terus menurun tiap harinya. Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) terkena dampak yang sangat signifikan, usaha yang dijalankan mengalami penurunan pendapatan. Banyak sekali UMKM yang mengalami penurunan omzet, bahkan tidak sedikit UMKM yang terpaksa menutup usahanya.

Berdasarkan hal tersebut, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tim 2 Universitas Diponegoro Periode 2020/2021 membuat sebuah program kerja mengenai strategi yang dapat diterapkan oleh UMKM di tengah pandemi Covid-19. Program tersebut dijalankan menggunakan media booklet. Materi yang diberikan mengenai strategi UMKM termasuk tips digital marketing yang dapat dilakukan oleh UMKM agar dapat bertahan dan berkembang di masa pandemi Covid-19. Bersama dengan kader melakukan sosialisasi secara door to door untuk menghindari berkumpulnya beberapa orang. Isi dari booklet sendiri disusun se-informatif mungkin dan menggunakan bahasa yang mudah dipahami serta desain yang simple sehingga tidak menyulitkan saat membacanya.

Harapan dari program kerja ini dapat menambah pengetahuan para pelaku UMKM terkait digital marketing dari cara membuat sampai mengaplikasikannya. Serta, dapat memberikan jangkauan sasaran pasar yang lebih luas lagi dan menambah motivasi bagi pelaku UMKM untuk mengembangkan dan bertahan di situasi pandemic Covid-19

Oleh                            : Laduna Fairuz Indriyanto, Fakultas Teknik Universitas Diponegono

Dosen Pembimbing     : Daud Samsudewa, S.Pt., M.Si., Ph.D.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun