Muda

Pramuka Siaga Peduli Lingkungan Menuju Sekolah Sehat

11 Oktober 2017   12:30 Diperbarui: 11 Oktober 2017   13:04 257 1 0
Pramuka Siaga Peduli Lingkungan Menuju Sekolah Sehat
Aktitifitas adik adik pramuka siaga SDN 4 sokanandi di kebun pramuka sekolah (Dok. Humas Kwarcab Banjarnegara)

BANJARNEGARA -- Puluhan anggota pramuka Siaga pangkalan SDN 4 Sokanandi (espatso) Banjarnegara dengan riang gembira membersihkan lingkungan, merawat kebun pramuka, berburu jentik nyamuk dan membagikan bibit cabe kepada masyarakat di lingkungan sekolahnya serta ikut berpartisipasi dalam program imunisasi bidan desa sebagai wujud semangat menuju sekolah sehat.

Pembina pramuka SDN 4 Sokanandi Wiwi Sugiastuti mengatakan, program pengenalan peduli lingkungan dan kesehatan sejak dini tersebut dilakukan agar peserta didik dapat memahami arti pentingnya hidup bersih dalam segala hal sehingga tercipta suasana sejuk dan sehat dalam proses belajar. "Terlebih sekolah kita merupakan sekolah adiwiyata yang menitik beratkan pada program konservasi dan kebersihan lingkungan," ujarnya.

Pihaknya berharap dengan mengenalkan arti penting hidup bersih dan sehat, nantinya siswa dapat menerapkannya dilingkungan tempat tinggalnya. Selain itu, SDN 4 Sokanandi tahun ini mewakili propinsi Jawa Tengah mengikuti lomba sekolah adiwiyata dan Lomba sekolah sehat tingkat nasional, terlebih kemarin baru mendapatkan tamu spesial aktifis peduli lingkungan dari negara Cekoslovakia.

Mendukung

Kepala sekolah SDN 4 Sokanandi selaku Kamabigus Khamdiyah mengatakan sangat mendukung program sekolah sehat dengan anak anak pramuka sebagai leading sector atau motor penggerak disekolah. "Alhamdulillah anak anak pramuka sangat senang dan mampu dengan cepat melakukan pembelajaran yang diberikan oleh pembinanya, harapan kami kedepan akan tercipta lingkungan sekolah yang asri dan enak dipandang," paparnya. (Alwan Rifa'i)