Muda

Membentuk Pramuka Berjiwa Entrepreneurship

2 Oktober 2017   20:31 Diperbarui: 2 Oktober 2017   21:24 339 0 0
Membentuk Pramuka Berjiwa Entrepreneurship
Dok. Pribadi Agil Aminudin

BANJARNEGARA-Beragam inovasi kegiatan Kepramukaan dilakukan oleh Dewan Kerja Ranting (DKR) Purwareja Klampok. Salah satunya ialah program kerja DKR Berwirausaha, yang mana program ini bertujuan untuk mengembangkan dan memberdayakan keterampilan ekonomi kreatif anggota DKR.

Andalan Bina Muda Penegak dan Pandega Kwaran Ranting Purwareja Klampok Isro Anggita mengatakan: "Program ini dibuat agar setiap anggota DKR tidak hanya memiliki ilmu Kepramukaan, tetapi juga keterampilan berwirausaha untuk memperoleh pengalaman dan menambah uang saku sehingga dapat meringankan sedikit beban orang tua," ujarnya.

Tanaman hias dan kripik singkong menjadi usaha andalan anggota DKR. Metode promosi yang dilakukan pun bermacam-macam; mulai dari mulut kemulut, dititipkan ke warung-warung dan memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan barang secara online di setiap pangkalan gugus depan atau di lingkungan kecamatan Purwareja Klampok.

Adapun Nabila Nahtu selaku ketua DKR mengatakan: "dengan bergeraknya program wirausaha ini, kami berharap setiap anggota dapat memanfaatkan kesempatan yang ada untuk membangkitkan kreatifitas menuju pribadi yang berkarakter mandiri, cerdas, dan inovatif.

Dengan sistem dan program kerja DKR yang telah berjalan sejauh ini. Nabila optimis dapat memberikan perubahan dan warna baru bagi aktivitas Kepramukaan yang ada di Kwartir Ranting Purwareja Klampok khususnya pada kegiatan Penegak & Pandega. (Agil Aminudin)