Mohon tunggu...
Lensa Karana Media
Lensa Karana Media Mohon Tunggu... Penulis - Media komunikasi Pramuka Banyuwangi

Akun official Lensa Karana Media untuk semua informasi tentang Pramuka Banyuwangi dan Nasional serta informasi positif lainnya, info Update liputan kontak 085236662268

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Istimewa, Bentuk Karakter Pemimpin Masa Depan, Pramuka MTs Gintangan Gelar LDKS 2018

7 Desember 2018   19:59 Diperbarui: 7 Desember 2018   20:43 235
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

BLIMBINGSARI - Gugusdepan yang berpangkalan di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Gintangan, Kecamatan Blimbingsari melaksanakan kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) mulai Jumat sampai Ahad (7-9/12/2018).

Pelatihan diikuti oleh 76 penggalang kelas 7, 8 dan 9 didampingi Pembina Pramuka dari unsur dewan guru serta kepala madrasah selaku Ketua Majelis Pembimbing Gugusdepan. Kegiatan ini mengambil tema menciptakan generasi pemimpin yang bermoral untuk bangsa Indonesia.

Muhtarom, Wakil Kepala Madrasah urusan Kesiswaan yang mewakili Ketua Mabigus dalam sambutannya menyampaikan, pentingnya membentuk mental pemimpin yang memiliki moral dan akhlak unggul.

"Salah satunya dikarenakan permasalahan yang terjadi saat ini membutuhkan solusi yang kuat. Terutama terkait dengan tingkah laku antar siswa. Generasi yang memiliki jiwa leadership yang unggul akan mampu menjadi solusi atas permasalahan tersebut," jelasnya.

Siapa calon pemimpin masa depan?, tanya Muhtarom, seluruh peserta yang hadir menjawab dengan tegas "Saya! Pemimpin Masa Depan!".

Kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap tahun ini merupakan metode yang sudah terbukti memberikan kontribusi terbaik untuk pembentukan karakter siswa.

"Kegiatan ini sangat efektif, karena latihan ini mampu membentuk kepemimpinan, kemandirian, dan keteladanan semua peserta yang hadir," kata Fatimatuzuhro, Kepala Majelis Pembimbing Gugusdepan ketika dikonfirmasi melalui sambungan telepon seluler.

Dia berharap, peserta LDKS Tahun 2018 siap mengemban tugas sebagai pengurus pramuka masa periode 2018-2019 dan di masa yang akan datang mampu memberikan kontribusi terbaik untuk masyarakat.

Kegiatan ini sangat spesial karena juga dihadiri oleh peserta khusus utusan dari Gugusdepan SDN 2 Kaligung sejumlah 5 orang.

"Kehadiran kami bertujuan untuk menambah wawasan kepramukaan lebih dekat," jelas Naufal, salah peserta utusan yang hadir.

MTs Gintangan sebagai lembaga pendidikan, menjadikan Kepramukaan sebagai ekstrakurikuler wajib telah membutktikan komitmen utamanya. Salah satunya pembinaan berjenjang dan terus menerus melalui kegiatan kepramukaan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun