Mohon tunggu...
Lensa Karana Media
Lensa Karana Media Mohon Tunggu... Penulis - Media komunikasi Pramuka Banyuwangi

Akun official Lensa Karana Media untuk semua informasi tentang Pramuka Banyuwangi dan Nasional serta informasi positif lainnya, info Update liputan kontak 085236662268

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup Pilihan

Aksi World Cleanup Day 2018 Saka Wanabakti KPH Banyuwangi Utara Tuai Apresiasi Warga

17 September 2018   17:02 Diperbarui: 17 September 2018   17:08 480
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

BANYUWANGI, LENSAKARANA.com - Gerakan Bersih-Bersih di seluruh dunia atau lebih dikenal World Cleanup Day (WCD) 2018, bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan. 15 Orang Pramuka juga ikut serta dengan melaksanakan kegiatan bersih-bersih pantai, Sabtu (15/9/2018).

Lokasi kegiatan bertempat di Pantai Cemara, Kelurahan Pakis, Banyuwangi. Bukan hanya melakukan aksi bersih-bersih, Pramuka Saka Wanabakti menemui langsung para pengunjung pantai untuk mengampanyekan tentang pentingnya kebersihan lingkungan.

M. Choirul Huda, Ketua Sangga Kerja World Cleanup Day 2018 Saka Wanabakti mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian anggota pramuka terhadap kebersihan lingkungan. Selain itu, kegiatan tersebut juga memfasilitasi anggota pramuka dalam menerapkan dasa darma yang kedua yaitu cinta alam dan kasih sayang sesama manusia.

"Hari ini kami Pramuka Saka Wanabakti pangkalan KPH Banyuwangi Utara mengadakan aksi bersih-bersih Pantai Cemara. Dasa darma, cinta alam dan kasih sayang sesama manusia sering diucapkan, mestinya diimbangi oleh tindakan nyata," terang Huda.

Dia menambahkan kegiatan ini merupakan inisiatif Saka Wanabakti, namun juga melibatkan anggota Pramuka dari beberapa gugusdepan di Banyuwangi.

"Untuk pesertanya berjumlah 15 orang, gabungan antara Saka Wanabakti dan pramuka dari beberapa gugusdepan yang bergabung menjadi relawan. Awalnya saya tidak menduga ada tambahan relawan, wilayah selatan berasal dari SMA NU Genteng, wilayah tengah ada MA Al-Fatah, Sragi. Peserta sangat antusias dalam aksi bersih-bersih pantai. Kami juga menyampaikan kepada para pengunjung agar mau membuang sampah pada tempatnya dan juga mengurangi penggunaan sampah plastik," imbuhnya.

Kegiatan ini juga direspon baik oleh pengunjung maupun pihak pengelola Pantai Cemara.

Mohammad, Ketua Kelompok Usaha Bersama (KUB) Pantai Rejo selaku pengelola Pantai Cemara mengucapkan terima kasih kepada Pramuka karena merasa terbantu dengan adanya kegiatan ini. Dia merasa bangga, karena anak muda mau dan peduli terhadap lingkungan dan mau menyuarakan tentang pentingnya mengurangi sampah khususnya sampah plastik.

"Saya senang sekali atas kreatifitas adik-adik Pramuka, kami sangat mendukung kegiatan seperti ini, yang tanpa pamrih melakukan kepedulian terhadap lingkungan. Kita semua tahu bahwa di Pantai Cemara ini sering sekali mendapat sampah kiriman dari luar. Gerakan adik-adik Pramuka sangat membantu kami dalam mengurangi sampah. Istimewanya kegiatan ini adalah pesertanya dari anak-anak muda. Terlebih lagi ada yang dari jauh juga datang hanya untuk membersihkan sampah, itu artinya kepedulian dalam menanggulangi sampah, luar biasa," ungkapnya.

Peserta sangat bersemangat melakukan aksi dari awal hingga akhir, seperti Farohul Umam salah satu peserta dari MA Al-Fatah, Sragi mengatakan, kegiatan ini menjadi sarana bagi anggota pramuka untuk berkumpul dan berbuat sesuatu untuk lingkungan.

"Saya sangat senang mengikuti kegiatan ini karena saya bisa terjun langsung ke lapangan bukan hanya sekedar omongan cinta alam dan kasih sayang sesama manusia, tapi saya bisa menerapkan darma itu sebagai anggota pramuka. Saya juga mendapat teman baru dan dapat berkumpul bersama anggota pramuka untuk sesuatu yang positif, saya juga bangga karena bisa menjadi bagian dari aksi ini," kata Umam.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gaya Hidup Selengkapnya
Lihat Gaya Hidup Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun