Mohon tunggu...
Lensa Karana Media
Lensa Karana Media Mohon Tunggu... Penulis - Media komunikasi Pramuka Banyuwangi

Akun official Lensa Karana Media untuk semua informasi tentang Pramuka Banyuwangi dan Nasional serta informasi positif lainnya, info Update liputan kontak 085236662268

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Peringati World Cleanup Day (WCD) 2018, Ratusan Pramuka Kwaran Banyuwangi Kota Bersih Pantai Pulau Santen

15 September 2018   12:12 Diperbarui: 15 September 2018   12:28 351
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

BANYUWANGI, LENSAKARANA.com  Kwartir Ranting Gerakan Pramuka (Kwaran) Banyuwangi menunjukkan kepeduliannya terhadap lingkungan dengan mengadakan kegiatan bakti sosial dalam rangka memperingati hari bersih-berdih sedunia, Sabtu (15/9/2018) di Pulau Santen, Karangrejo.

400 Pramuka mengawali acara dengan bakti sosial pemberian sembako kepada warga di sekitar Pulau Santen. Setelah itu, peserta langsung diarahkan untuk membersihkan sampah-sampah yang ada di sekitar pantai.

M. Syafiil Anam, Sekretaris Kwaran Banyuwangi mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memperingati hari bersih-bersih sedunia. Setiap gugusdepan di wilayah ranting Banyuwangi dianjurkan untuk melakukan aksi di sekitar lingkungannya, sedangkan untuk gugusdepan yang berada di sekitar Pulau Santen dikerahkan untuk membersihkan pantai.

"Gugusdepan yang terlibat bersih-bersih di wilayah pantai hari ini antara lain SD Negeri Karangrejo 1, 2, 3, dan 4. Untuk pesertanya, kami kerahkan murid kelas 4 dan 5. Sedangkan untuk gugus depan yang lain khususnya gugusdepan penegak kami sudah menyebarkan edaran untuk melaksanakan kegiatan itu di gugusdepannya masing-masing," papar Anam.

Dia menjelaskan, kegiatan ini bertujuan agar peserta dapat menerapkan dasa darma yang kedua yaitu cinta alam dan kasih sayang sesama manusia.

"Kami juga bermaksud menanamkan sikap peduli terhadap lingkungan, karena kita tahu bahwa lingkungan adalah bagian dari kehidupan manusia. Di Pulau Santen juga terkenal dengan Pantai Syari'ah, jadi kami dari anggota pramuka juga berusaha ikut membantu menjaga kebersihan pantai ini," imbuhnya.

Lina, Pembina Pramuka di SD Negeri 4 Karangrejo mengungkapkan, kegiatan ini membantu murid untuk belajar peduli terhadap lingkungan sekitar.

"Anak-anak belajar dan terjun lansung ke lapangan. Di sekolah kamipun, juga sudah melakukan kegiatan seperti ini, salah satunya yaitu daur ulang barang bekas. Saya bangga, walaupun cuaca panas, mereka tetap semangat dan ceria mengikuti kegiatan. Saya rasa kegiatan seperti ini harus terus dilakukan agar anak-anak bisa merasakan dan mengenal alam serta menjaganya," kata Lina.

Aksi sosial inipun direspon baik oleh warga sekitar Pulau Santen.

Sodikin, salah satu warga sekitar pantai mengatakan kegiatan ini bagus, karena mendidik Pramuka lebih memperhatikan alam sekitar. Sodikin juga mengucapkan terima kasih kepada Pramuka karena sudah mau membantu kebersihan sekitar pantai.

"Menurut saya, kegiatan ini sangat bagus karena dapat mendidik generasi penerus bangsa agar mau dan peduli terhadap lingkungan. Saya sebagai warga berharap kegiatan seperti ini dapat berlangsung terus, bukan cuma kali ini saja. Saya mengucapkan banyak-banyak terima kasih karena kami juga merasa terbantu," imbuhnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun