Humaniora

Istimewa, Giat Bhakti Sosial dan Abdi Masyarakat Warnai Pelantikan Anggota Baru Saka Bhayangkara Polsek Muncar

14 Juni 2018   04:15 Diperbarui: 14 Juni 2018   05:44 589 0 0

BANYUWANGI, LENSAKARANA.com -- Pramuka Saka Bhayangkara pangkalan Polsek Muncar, Senin (11/6/2018) melaksanakan Pelantikan Anggota Saka Bhayangkara rotasi 8 gelombang 2.

Bertempat di Polsek Muncar, pelantikan diikuti oleh 28 peserta, terdiri 20 anggota rotasi 8 gelombang 1, dan 8 peserta calon anggota baru.

Dipilihnya bulan puasa untuk pelantikan dilatarbelakangi bertepatan libur sekolah, sedangkan setelah hari raya masih banyak kegiatan lainnya, ungkap Rahma, Panitia seksi perlengkapan.

Peserta pelantikan menempuh rute perjalanan sepanjang 8 km, start dan finish di Polsek Muncar. Sedangkan bakti sosial dilakukan pada saat perjalanan minimal melakukan lima macam baksos. Kegiatan bakti tersebut di sertai dengan bukti, identitas orang, juga pekerjaan yang dilakukan.

"Bakti sosial dilakukan sebagai implementasi Dasa Darma Pramuka yang kedua yaitu cinta alam dan kasih sayang sesama manusia, imbuh Rahma.

Materi yang disampaikan antara lain sejarah Saka Bhayangkara, materi krida, dan materi sejarah pramuka.

Ica, salah satu calon anggota saka berkata kami membersihkan sampah dan membersihkan taman, dan lain lain. Perjalanan ini sangat melelahkan karena dilakukan pada bulan puasa.

Penulis: Agus Wisnu Kurniawan

Editor: Dio Januarti Rafika