Mohon tunggu...
Zainul Kutubi
Zainul Kutubi Mohon Tunggu... Menceritakan sesuatu lewat tulisan

Suka menulis puisi di tumblr: tulisanzainn.tumblr.com | ig: @zkutubi | twitter: @Al_kutub | Email: Al_kutub@ymail.com

Selanjutnya

Tutup

Digital Pilihan

Mau Daftar CPNS, File Pdf Terlalu Besar? Begini Cara Mengatasinya

26 November 2019   23:34 Diperbarui: 27 November 2019   00:02 73 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mau Daftar CPNS, File Pdf Terlalu Besar? Begini Cara Mengatasinya
sumber gambar: madura.tribunnews.com

"Terlalu santai", itu kalimat tepat yang bisa saya deskripsikan untuk beberapa hari yang lalu, ketika melihat kalender sudah memasuki akhir November, sayapun bergegas membuka laptop dan meluncur ke web sscn.bkn.go.id untuk menguggah beberapa dokumen yang disyaratkan.

Alur pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2019 telah dibuka sedari senin  (11/11/2019). Mayoritas kementrian akan menutup pendaftarannya pada selasa (26/11/2019). Namun, ada beberapa kementrian yang masih membuka pendaftaran CPNS 2019 hingga awal Desember 2019.

Seperti yang kita ketahui, tahap dan alur pendaftaran dimulai dari :

  • Membuat akun di web sscn.bkn.go.id dengan menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) atau KTP dan nomor kartu Keluarga (KK)
  • Langkah selanjutnya ialah login dengan NIK dan password yang telah didaftarkan
  • Unggah pasfoto 4X6, kemudian cetak kartu informasi akun
  • Unggah foto diri dengan memegang kartu informasi akun dan KTP
  • Pelamar melengkapi biodata
  • Pelamar memilih formasi jabatan sesuai pendidikan
  • Unggah sejumlah dokumen persyaratan
  • Cek resume dan cetak kartu pendaftaran SSCN 2019
  • Data pendaftaran akan diverifikasi. Kemudian daftar lolos atau tidaknya peserta akan diumumkan.

Setelah registrasi dan mencetak kartu informasi akun, saya merasa nyaman karena sudah mendaftar, walaupun belum mengunggah beberapa file yang telah ditentukan. Namun, kenyamanan itu berubah menjadi kelalaian karena beberapa hari lagi kementrian yang saya daftar akan menutup pendaftarannya.

Dengan rasa terburu-buru saya menyiapkan file-file yang sudah discann dan beberapa file digabungkan menjadi beberapa bagian dengan format Pdf. File pertama berisi Ijazah dan transkrip nilai berhasil diuggah dengan baik.

File kedua berisi surat lamaran dan surat pernyataan yang telah discann terlebih dahulu, ini yang menjadi masalah. Ini yang membuat saya hampir menyerah mendaftar CPNS tahun ini, karena dikejar deadline dan sudah tidak ada banyak waktu lagi. Berkali-kali diunggah tak bisa, ternyata file tersebut berukuran 800kb, sedangkan persyaratannya minimal 300kb.

Lantas saya mencari web compress file online, tujuannya untuk memperkecil ukuran file Pdf tersebut. Setelah diperkecil ukuran filenya, langsung saja saya kembali mengungah file Pdf ke laman sscn.bkn.go.id. Ternyata file Pdf tersebut kembali tidak bisa diunggah karena ukurannya tergolong masih cukup besar, berjam-jam saya coba cari web compress file online yang mensupport resolusi menengah. Namun tetap tidak bisa diperkecil melebihi ukuran normalnya.

Menjelang tengah malam, akhirnya saya menemukan cara yang lain, yaitu dengan cara offline. Sebelumnya ubah file Pdf kalian menjadi Ms. word, merubah Pdf ke Ms. word bisa dilakukan secara Online dengan web Convert file.

Setelah File Pdf berhasil dirubah menjadi Ms. word.

  • Pertama buka file dokumen Ms. word yang ingin kalian perkecil ukurannya
  • Lalu pilih atau klik kiri pada gambar, selanjutnya kalian pilih menu Format, dan kemudian pilih Compress Pictures.

sumber gambar: Screencapture pribadi
sumber gambar: Screencapture pribadi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN