Mohon tunggu...
Kusnia Patmawati
Kusnia Patmawati Mohon Tunggu... Penulis

Mahasiswa pendidikan Biologi

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Kuliah Kerja Nyata Universitas Sebelas Maret Era Covid 19 di Turus Lor RT 03/RW 03

2 Juli 2020   19:48 Diperbarui: 2 Juli 2020   19:43 31 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kuliah Kerja Nyata Universitas Sebelas Maret Era Covid 19 di Turus Lor RT 03/RW 03
Group Whatshap Bimbel Desa Turus 

Dalam rangka berkontribusi bersama masyarakat dalam menghadapi COVID-19. Universitas Sebelas Maret (UNS) melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tanggap Wabah COVID-19 ke berbagai wilayah di Indonesia dalam rangka percepatan penanganan COVID-19. 

Kegiatan yang menugaskan mahasiswa Kusnia Patmawati dari Pendidikan Biologi didampingi dosen pembimbing Dr.Ir.Jaka Suryana M.Si di lokasi Turus Lor RT 03/RW03, Turus, Polanjarjo, Klaten  diharapkan dapat berkontribusi sesuai bidang keilmuannya untuk membantu masyarakat tanggap dan tangguh dalam menghadapi COVID-19. Kegiatan KKN dilaksanakan pada tanggal 15 Mei sampai 30 Juni 2020. Kegitan KKN ini bertujuan untuk mengatasi permasalahan dampak COVID-19 mempengaruhi kehidupan masyarakat baik bidang kesehatan, pendidikan, integrasi sosial, maupun sektor produksi.

Kegiatan KKN Relawan COVID-19 di Turus Lor RT 03/RW03, Turus, Polanjarjo, Klaten  oleh mahasiswa Kusnia Patmawati dan DPL Dr.Ir.Jaka Suryana M.Si mengambil tema bidang pendidikan. 

Kegiatan dengan sasaran siswa SD, SMP, dan SMA diantarnya:  membuat bimbingan pembelajaran online untuk siswa SD/SMP/SMA di desa Turus melalui group WA yang bertujuan untuk membantu memahami materi yang sulit dipahami oleh siswa, membahas tugas sekolah siswa, membahas soal-soal ujian sekolah, SBMPTN dan UTBK, memberikan materi pembelajaran dan memberikan informasi terkait COVID-19. 

Selain itu,  Kusnia Patmawati membuat e-rangkum dan video pembelajran untuk siswa SMP/SMA di desa untuk memudahkan memahami materi biologi yang bertujuan untuk memudahkan memahami materi biologi dan kegiatan KKN membuat poster tips and krik selama pembelajaran daring dan membuat poster tips and trik menjelang ujian akhir sekolah bertujuan siswa dapat mengatasi kesulitan belajar mengajar dalam sistem daring karena siswa perlu adaptasi pembelajaran sistem daring sehingga perlu ada tips dan trik cara belajar daring dimana perlu mempersiapkan smatphone dan kouta dengan sinyal yang baik.  

Siswa yang aktif dan antusias mengikuti kegiatan mengikuti kegiatan yang diberikan. Ketika diberikan informasi atau edukasi melalui kedua siswa sangat bersemangat dan senang memperolehnya. 

Kegiatan ini membantu meningkatkan minat belajar siswa,. siswa yang dibantu mengerjakan tugas membuat siswa berkesempatan belajar memahami materi. Siswa mudah memahami materi siswa maka siswa semangat belajar. Siswa juga lebih mengenal COVID-19 baik dari pencegahan penularan COVID-19, cara mengatasi kebosanan dirumah di tengah pandemi COVID-19, dll.

Group Whatshap Bimbel Desa Turus
Group Whatshap Bimbel Desa Turus

Kegiatan KKN relawan COVID-19 yang sasaran pada masyarakat dalam bidang pendidikan denganhasil peningkatan pengetahuan masyarakat terkait penanganan COVID-19, pencegahan penularan COVID-19 dan pola hidup sehat. Kegitan KKN  relawan COVID-19 diantaranya kegiatan membuat poster tentang pembuatan masker dengan kain perca dan membagikan masker yang dibagikan ke masyarakat, Edukasi cara pembuatan handsanitizer dengan bahan alami, Membuat poster manfaat olahraga dan berjemur dalam melawan COVID-19, Membuat poster pencegahan COVID-19, Membuat poster perbedaan ODP, OTG, PDP dan positif, Membuat poster tentang pengetahuan fakta COVID-19.  

Selain itu kegiatan yang dilakukan adalah mengikuti relawan online melalui group WA relawan COVID-19 yang hasil yang diperoleh untuk menambah informasi dan edukasi masyarakat tentang berita, permaslahan, kesehatan,dll terkait COVID-19 dan menjadi relawan satgas di desa dengan memberikan sosialisasi dari rumah ke rumah terkait protokol kesehatan menghadapi new normal dengan hasil meningkatkan pengetahuan masyarakat terkait penanganan COVID-19 dan dapat menerapkan protokol kesehatan demi mengurangi peningakatn penularan COVID-19.

pembagian masker kain dan edukasi penggunaan masker
pembagian masker kain dan edukasi penggunaan masker

Sosialisasi dan edukasi Protokol kesehatan secara door to door
Sosialisasi dan edukasi Protokol kesehatan secara door to door

Penulis : Kusnia Patmawati (Pendidikan Biologi, UNS)

email: kusnia12patmawati@student.uns.ac.id

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x