Mohon tunggu...
Kurniawan julehanmanik
Kurniawan julehanmanik Mohon Tunggu... Lainnya - kurniawanjulehanmanik

segala sesuatu ada hikmahnya

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Sumpah Pemuda Mulai Terlupakan

16 Oktober 2021   11:44 Diperbarui: 16 Oktober 2021   12:01 33 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Sumpah Pemuda terjadi pada tgl 28Oktober 1928, pada masa itu para pemuda bersumpah berjuang untuk memerdekakan bangsa ini, bersumpah bahwasanya bangsa kita ini adalah bangsa yg satu, dan bersumpah berbahasa yang satu.

pada masa-masa lampau sumpah pemuda sangatlah penting dan di junjung tinggi apalagi di kalangan pemuda. akan tetapi di masa yang kija jalani bersama saat ini, para pemuda-pemuda sangatlah sedikit yg tau apa arti sumpah pemuda yg sesungguhnya, jangankan arti sesngguhnya hafal sumpah pemuda saja sudah sangatlah syukur.

hal itu terjadi di karenakan semakin majunya teknologi, sebenarnya yg salah bukanlah teknologi yg semakin canggih, akan tetapi para pemuda yang salah dalam menyikapi kemajuan teknologi yang semakin canggih. para pemuda semakin mudah untuk melupakan segala sesuatu yang padahal sangatlah penting, dikarenakan semakin gampangnya mencari segala sesuatu di gadget, itu adalah salah satu penyebabnya.

kemudian juga pengaruh dari pergaulan bebas yang tak kenal sejarah, yang tak ber tutur bahasa yang baik, dan lebih mementingkan dirinya sendiri. kita sering bahkan terus melihat para pemuda  berkumpul-kumpul ataupun yang biasa di sebut dengan bahasa gaul yaitu nongkrong. jika kita lihat dan kita dengar, apa yang mereka lakukan?  tentusaja bukanlah membahsa sejarah, melainkan hanya untuk bermain game online, berpacaran, dan hal-hal yang kurang bermanfaat.

dari situ juga lah para pemuda jaman sekarang ini semakin tidak mengenal sejarah, jika kita melakukan survey  kepada pemuda yang berkumpul-kumpul, maka sangat lah sedikit yang mengetahui apa arti sumpah pemuda yang sesungguhnya, dan apa makna sesungguhnya. jangankan arti dan makna sumpah pemuda kemungkinan besar isi dari sumpah pemuda pun sebagian besar kita tidaklah hafal.

Di karenakan hari sumpah pemuda akan kita peringati sebentar lagi, untuk menolak lupa mari kita berusaha untuk menghafalkan isi sumpah pemuda, mencari tau apa arti dan makna sesungguhnya.

sekian, terima kasih.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan