Mohon tunggu...
Kurniawan
Kurniawan Mohon Tunggu... Dosen - Dosen Pendidikan Ekonomi Universitas Siliwangi

Sebagai seorang dosen yang tertarik pada permasalahan sosial yang ada di lingkungan sekitar juga sebagai konten kreator di bidang pendidikan.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Akhirnya 50 Dosen Pendamping Kewirausahaan Tersertifikasi Kompeten

26 September 2022   18:50 Diperbarui: 26 September 2022   18:54 256 5 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

 

Kompetensi dicirikan oleh kemampuan untuk melakukan sesuatu dengan baik dan diperlukan bagi seseorang untuk dapat menghasilkan tingkat kinerja yang sesuai dalam pekerjaan tertentu. Seseorang dianggap kompeten jika dia dapat melakukan tugas tertentu. Pada tanggal 22 september sampai 25 September 2022 UPT Kewirausahaan Universitas Siliwangi bekerjasama dengan  MENBISKA "Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan" menyelenggarakan Pelatihan dan Sertifikasi Dosen Pendamping Kewirausahaan.

Kegiatan berlangsung dengan lancar. Suasana menyenangkan tergambar disetiap sesi kegiatan. Peserta seperti terhipnotis saat mendengarkan narasumber berbicara. Banyak pengetahuan baru yang didapatkan peserta pelatihan. 

Namun ada yang paling berharga yaitu motivasi. Ini seperti membuka jalan lain yang menjadi opsi tujuan kami setelah mengikuti pelatihan ini yaitu mendirikan sebuah perusahaan. Namun berbeda halnya ketika pelaksanaan asesmen. Raut ketegangan muncul di hampir setiap wajah asesi. 

Ini adalah penentuan apakah pada akhirnya kompeten menjadi pendamping kewirausahaan atau tidak. Banyak peserta grogi. Ada saja tingkahnya. Ada yang membuka lagi laptop untuk memperbaiki tugas pra asesmen. Ada yang terlihat mondar mandir seperti panic menghadapi asesmen. Ada juga yang bersantai sambil menikmati sajian Coffee Break yang disediakan penyelenggara.

Tibalah saatnya pengumuman hasil. Jantung berdegup kencang saat Ibu Neli Marita, SE., M.Ak mengumumkan hasil pelatihan. Suasana menjadi tegang. Seketika Ballroom Krakatau Hotel Horison menjadi sunyi. Kabar baik akhirnya datang, 50 peserta dinyatakan lulus dan berhak menyandang  predikat "Dosen Pendamping Kewirausahaan tersertifikat Kompeten". 

Syukur Alhamdulillah kami ucapkan kepada sang pencipta. Terimakasih kami haturkan kepada segenap penyelenggara. Terutama Ibu Euis Rosidah, S.E., M.Ak. yang selalu memberikan vibes positif untuk kami semua. Terimakasih juga untuk team fasilitator yang dengan sabar memberikan pendampingan untuk kami.

Menjadi pendamping kewirausahaan bukanlah tugas yang mudah. Setelah ini tugas menanti. Menjadi pendamping professional atau terjun langsung mendirikan sebuah perusahaan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan