Assalaumalaikum wr, wb.
Pertama-tama saya ingin mengucapakan banyak terimakasih kepada Tuhan Yang Maha Esa karena sudah diberi kesempatan sampai saat ini sehingga saya dapat membagikan cerita praktik baik saya. Â Adapun cerita praktik baik ini berdasarkan PPI saya selama menjadi mahasiswa PPG Dalam Jabatan Kategori 1 di Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Jawa Tengah sebagai berikut.
Lokasi : SD Negeri 2 Tanggung, Desa Tanggung, Kec.Tanggungharjo, Kab.Grobogan.
Lingkup Pendidikan : Sekolah Dasar
Tujuan yang ingin dicapai : Meningkatkan minat dan hasil belajar pesrta didik pada materi KPK dan FPB dalam soal cerita menggunakan model Problem based Learning Kelas IV SD Negeri 2 Tanggung tahun pelajaran 2022/2023.
Penulis : Purmiati,S.Pd.SD.
Tanggal : 30 Agustus 2022
Situasi :Â
Berdasarkan latar belakang masalah yaitu, pemilihan model pembelajaran yang kurang tepat dalam pembelajaran matematika menyebabkan:
- Peserta didik ketika diberikan soal materi KPK FPB dalam bentuk soal cerita  kesulitan dalam membedakan cara menyelesaikannya.
- Peserta didik sulit memahami dalam memilih rumus yang akan digunakan apakah menggunakan pohon faktor, faktorisasi, atau kelipatan bilangan. Siswa memahami jika soal KPK adalah sebagai soal FPB, sehingga menyelesaikan soal FPB menggunakan prosedur KPK.
- Minat peserta didik dalam pembelajaran KPK dan FPB masih kurang.
- Peserta didik yang kurang fokus saat pembelajaran berlangsung.
- Pentingnya KPK dan FPB dalam kehidupan sehari-hari
Hal tersebut menjadi tanggung jawab saya sebagai pendidik dalam memilihi model, media dan strategi pembelajaran yang tepat, selalu memperhatikan setiap siswa dan mengajak untuk kembali fokus/ memperhatikan konteks pembelajaran selain itu juga harus terlebih dahulu membuat rancangan perangkat pembelajaran.