Mohon tunggu...
Kurnia amelia subarkah
Kurnia amelia subarkah Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Joyful moms

Seorang ibu dengan 2 orang puteri yang ingin terus belajar dan belajar.

Selanjutnya

Tutup

Nature Pilihan

Tips Hemat Ratusan Ribu Perbulan dan Menjadi Agen Perubahan untuk Kelestarian Lingkungan Mulai dari Rumah

6 Februari 2024   19:03 Diperbarui: 6 Februari 2024   19:12 165
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

"My Dream University", Kalimat paling atas yang saya baca ketika tak sengaja terlihat ketika buku harian Kezia terjatuh. Sebenarnya agak kurang sopan ya, namun saya penasaran sebenarnya dimana Universitas Impian anak saya akhirnya saya memberanikan diri membaca buku hariannya dan seketika hati saya terasa nyesss melihat beberapa Universitas Impian Kezia seperti Kyushu University yang ebrada di Jepang, University of Toronto dan lainnya. Tidak hanya menyebutkan nama Universitasnya saja tetapi dia menjabarkan apa saja yang harus dipersiapkan dan plus minus masing-masing Universitas dan bagaimana cara mendapatkan beasiswa untuk masuk di Universitasnya. 


Selesai membaca bukunya perasaan saya langsung campur aduk antara bahagia karena cita-citanya sangat tinggi dan bingung karena pasti harus menyiapkan biaya lebih banyak lagi. Jujur, as a single mom selama belasan tahun itu berat banget sih, harus mengurus semuanya dan sebagai single income juga harus pinter-pinter mengatur strategi agar semua kebutuhan anak-anak terpenuhi, asuransi, juga sedikit investasi untuk masa depan mereka. Alhamdulillah, sudah 2 tahun ini akhirnya saya mengenyam tittle sebagai pegawai kantoran dimana memiliki gaji tetap dan untuk mendapatkan pendapatan lebih saya menyambi sebagai freelancer, dan pekerjaan apapun selagi saya bisa dan tentunya pekerjaan yang halal. 

Tidak hanya bekerja ini itu, untuk menghemat pengeluaran saya juga melakukan beberapa hal kecil  yang ternyata bisa hemat ratusan ribu sebulan dan juga turut menjaga bumi dari semua dampak perubahan iklim yang kini sudah terjadi. Sebelumnya kita mengenal dulu sedikit tentang bumi atau alam yang kita tinggali.

Dok pri (Langit biru, pantai yang bersih salah satu impian dimana anak cucu nanti masih menikmatinya)
Dok pri (Langit biru, pantai yang bersih salah satu impian dimana anak cucu nanti masih menikmatinya)

"Jagalah bumi, maka dia akan menjagamu", kalimat bijak yang sering kita dengar namun masih banyak yang belum sadar apa makna dan bagaimana cara welas asih kepada bumi itu sendiri. Sebagai manusia yang hidup dan mati di bumi tentunya kita juga harus sadar bahwa semua element yang ada di bumi itu berkaitan dan tentunya harus saling menjaga satu sama lain untuk keberlangsungan serta kelestarian bumi itu sendiri. Siapa yang tidak mau melihat langit yang masih biru, hutan yang masih memberikan sejuta manfaat untuk makhluk?, alam yang masih ramah memberikan sejuta kebaikan dan penghidupan? pasti semua mau termasuk saya sendiri. 

Berbicara mengenai bumi, alam dan segala isinya tidak bisa dipungkiri bahwa dalam beberapa tahun terakhir kita sudah mengalami yang namanya krisis iklim sudah terjadi dan ini tentunya berpengaruh terhadap kehidupan makluk. Yang menyebabkan krisis iklim ini bukan hanya karena usia bumi yang sudah tua namun karena perbuatan makhluk itu sendiri. Untuk kita kita mulai bersama-sama peduli terhadap krisis iklim dan menjaga kelestarian lingkungan. Nah ini dia Tips Hemat Ratusan Ribu Perbulan dan Menjadi Agen Perubahan Untuk Kelestarian Lingkungan.

  • Biasakan membawa Kantong Belanja Atau Godiebag

Dok Pri
Dok Pri

Berbicara mengenai sampah pasti bikin kita geleng-geleng, menurut Data Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional (SIPSN) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) pada tahun 2022 Indonesia menghasilkan sampah mencapai 19,45 ton dan samph plastinya itu sebanyak 18,55% dan pasti kalian tahu kalau sampah platik ini sulit terurai dan tentunya dapak untuk lingkungan juga cukup besar. 

Selain menjadi penyumbang krisis iklim, membawa godibag atau tas belanja berbahan kain atau kanvas kemana pun juga tentunya lebih hemat kenapa? karena saat ini 1 kantong plastik Rp 300, mungkin nominalnya terlihat kecil namun ini adalah aksi kecil yang harus dibiasakan demi bumi dan lebih hemat tentunya karena bisa dipakai berkali-kali. 

  • Menggunakan Facial Pads

Dok pri
Dok pri

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Nature Selengkapnya
Lihat Nature Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun