Mohon tunggu...
Kurnia Wardatul Khasanah
Kurnia Wardatul Khasanah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi UMM Manajemen

Pengabdian Mahasiswa Untuk Masyarakat UMM Kelompok 06 Gelombang 03 Desa Sumber Sekar Dau Malang

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

PMM 06 Desa Sumber Sekar Melakukan Peningkatan Pemasaran Secara Digital Marketing pada UMKM Produk Susu

14 April 2021   16:57 Diperbarui: 14 April 2021   17:26 233
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Program Pengabdian Masyarakat Oleh Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang Kelompok 06 Gelombang 03 yang di Koordinatori oleh  Yhovi Ramadhani serta Dosen Pembimbing Lapang bapak Luqman Dzul Hilmi S.E., M,BA. Saat ini sedang menjalankan program penerapan penjualan menggunakan Digital Marketing pada UMKM susu fresh milk yang di inovasi menjadi olahan susu pasteurisasi dan yoghurt . Kegiatan pembuatan susu pasteurisasi dan yoghurt  dilakukan pada tanggal  11 April 2021 yang di mulai pukul 10.00 WIB - selesai, lokasi pembuatan olahan susu tersebut berada ditempat produksi ibu Retno yang ber alamat di Desa Sumber Sekar. 

Penerapan program penjulan Digital Marketing ini sangat membantu untuk meningkatan penjualan olahan susu  pada saat pandemi. Maka dari itu anggota PMM-UMM Kelompok 06 membantu memperluas pasar UMKM produk susu Desa Sumber Sekar  dengan membuat akun media sosial yaitu instagram @susu.freshmilkmalang untuk memasarkan produknya . Kegiatan ini sangat membantu pemilik UMKM susu untuk kedepannya, akan memperluas sistem pemasaran agar lebih tersebar luas nantinya. Karena dapat dilihat untuk saat ini sedang berkembangnya Digital Marketing di tahun 2021. Perkembangan Digital Marketing dari tahun ke tahun selalu mengalami perubahan, sebaiknya penjualan saat ini kita rubah dengan sistem online sehingga lebih fleksibel. Menurut survey yang di lakukan oleh Asosiai pengguna Jasa Internet Indonesia (APJII) menunjukan bahwa penetrasi dan perilaku pengguna internet di Indonesia yang selalu meningkat 10% setiap tahunnya. Tidak heran apabila Digital Marketing dapat berkembang secara pesat dalam memasarkan produk.

Dokpri
Dokpri
Kegiatan pemasaran yang masih belum mencakup luas pasarannya saat ini, akan dibantu oleh anggota PMM-UMM Kelompok 06 untuk menerapkan Digital Marketing agar mempermudah penjualan dan pemasarannya dapat mencakup luas. Mengapa demikian? Karena dengan menerapkan sistem tersebut pemilik atau penjual UMKM susu  ini tidak akan kesulitan dalam mengenalkan produk mereka serta masyarakat juga banyak yang akan mengenali, karena untuk saat ini sudah banyak masyarakat yang memiliki media sosial. Yang kemudian akan meningkatkan penjulan produk susu ini 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun