Mohon tunggu...
Kunenx vittree
Kunenx vittree Mohon Tunggu...

peduli

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Hikmah di Balik Angkutan Umum

5 Mei 2014   20:11 Diperbarui: 23 Juni 2015   22:50 34 0 0 Mohon Tunggu...

Pernah tidak Anda naik angkutan umum dalam perjalanan menuju suatu tujuan? Apa yang Anda dapatkan dan Anda rasakan? Pasti pernah berbicara dengan teman yang ada di sebelah kita. Nah, itu yang akan saya bagikan disini. Pengalaman saya menaiki angkutan umum dalam perjalanan menuju kampus. Banyak pelajaran yang saya dapatkan dari Angkutan Umum. Mulai dari bertemu dengan berbaagai hal dan berbagai kalangan masyarakat.

Pernah suatu ketika saya naik Angkutan Umum dalam perjalanan dari kampus menuju rumah. Di Angkutan Umum tersebut ada seorang nenek yang duduk di belakang sendirian, setelah saya naik Angkutan Umum itu jadi berdua dengan saya. Dalam perjalanan saya tadinya hanya berdiam diri dan tidak lama kemudian saya mulai bertanya kepada nenek tersebut. Singkat cerita ternyata nenek tersebut adalah masih keluarga staff yang bekerja di Kampus saya. Dia banyak cerita tentang keluarganya bahkan keponakannya yang bekerja di Kampus saya. itu Itu kejadian di waktu saya masih semester II.

Dalam perjalanan jauh di saat kita naik Angkutan Umum sangatlah mengurangi rasa lelah kita, mengapa demikian? Karena saya merasakan sendiri. Jarak antara rumah dan kampus saya sangatlah lumayan terbilang jauh. Jikalau membawa kendaraan sendiri bisa 1 jam perjalanan dan jika naik kendaraan umumbisa mencapai 1 jam 15 menit. Selisihnya hanya 15 menit, tetapi manfaatnya bisa terbilang lebih terasa di Angkutan Umum. Disaat saya membawa kendaraan sendiri sepanjang perjalanan saya harus konsentrasi ke depan dan itu sangat membutuhkan energi, dan saat menaiki Angkutan Umum sepanjang perjalanan kita bisa istirahat dan duduk dengan santainya, bahkan tidak sedikit yang suka tidur termasuk dengan saya.

Dari pengalaman saya sudah terlihat perbedaan antara membawa kendaraan sendiri dan Angkutan Umum, tetapi lain halnya jikalau dibandingkan dengan membawa kendaraan sendiri beroda empat, mungkin itu berbeda untuk si penumpang tetapi sama halnya untuk si pengemudi. Di sepanjang perjalanan saya terkadang suka tidur sampai 20 menit, nah kan lumayan tuh bisa istirahat sejenak sebelum sampai di tujuan.

Berbeda dengan membawa kendaraan sendiri roda dua. Dalam kedaan macet kita harus konsentrasi dan kita harus mengelurakn energi yang lebih besar karena harus selalu siap sedia REM. Baik rem depan maupun rem belakang, apalagi matic yang remnya hanya di tangan. Memang tidak semua hal baik ada di Angkutan Umum tetapi itulah hal positif yang bisa kita ambilmanfaatnya dalam menaiki Angkutan Umum.

VIDEO PILIHAN