Mohon tunggu...
kumari pramudita
kumari pramudita Mohon Tunggu... Penulis - Copy Writer
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Copy Writer

Selanjutnya

Tutup

Money

Hindari Melakukan Ini Saat Branding Produk

10 Juli 2020   10:04 Diperbarui: 6 Agustus 2020   14:49 53
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

Branding produk dengan merek baru memenag tidak mudah untuk dilakukan. Branding sendiri merupakan salah satu cara berkomunikasi oleh perusahaan untuk membangun reputasi produk mereka di pasar. Kesuksesan branding bisa memengaruhi konsumen untuk memilih produk tersebut dibanding produk lainnya.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatian dalam melakukan branding, karena satu kesalahan yang anda buat bisa membuat brand image anda buruk. Oleh sebab itu, berikut hal-hal yang harus dihindari saat melakukan branding:

Tidak Jujur

Anda akan kehilangan kepercayaan dari konsumen apabila konsumen merasa apa yang dikatakan ketika melakukan branding produk tidak sesuai dengan kondisi yang sebenarnya. Sebuah produk yang memiliki reputasi buruk di mata konsumen akan membuat anda lelah dalam melakukan branding, hal ini juga akan merugikan bisnis dalam jangka panjang. Berhati-hatilah dalam mendefinisikan brand anda, lakukan secara juju ragar konsumen percaya dengan anda.

Meniru Branding Kompetitor

Ketika anda melakukan branding dengan meniru branding produk kompetitor, konsumen justru akan membandingkan produk anda dengan kompetitor tersebut. Tidak menutup kemungkinan konsumen akan mengingat produk persaing yang tentunya hal ini akan menyulitkan anda dalam membangun bisnis dan brand.

Untuk itu, lakukan riset terlebih dulu sebelum melakukan branding. Selain itu, buatlah inovasi dengan ciri khas anda sendiri, sehingga terlihat berbeda dengan pesaing.

Telalu Fokus Bersaing Dengan Kompetitor

Kemanangan dalam persaingan bisnis tidak bisa didapat hanya dengan menjadi lebih baik, anda harus menjadi berbeda. Persaingan bisnis memang tidak bisa dihindari, namun terlalu fomus bersaing juga bukan hal yang baik.

Lakukan riset mengenai produk kompetitor dan cari tahu kekurangan mereka. Setelah itu buatlah sesuatu yang berbeda dan tetap fokus pada kepuasan konsumen anda.

Tidak Memaksimalkan Penggunaan Media Sosial

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun