Mohon tunggu...
Kumala SariHarahap
Kumala SariHarahap Mohon Tunggu... Mahasiswi Pendidikan Matematika UinSu

KUN ANTI

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Ngaji Matematika

15 Agustus 2020   20:03 Diperbarui: 15 Agustus 2020   20:00 31 3 1 Mohon Tunggu...

NGAJI MATEMATIKA
Oleh : Kumala Sari Harahap (0305173194)
Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Dosen Pembimbing Lapangan :
Meutia Nanda, SKM, M.Kes


Al-Qur'an merupakan kitab suci agama Islam yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad SAW. Yang menjadi petunjuk dan pedoman hidup bagi siapa saja yang menginginkan kebahagiaan dan kesuksesasan hidup di dunia dan di akhirat. Setiap ayat dari kitab suci Al-Quran terkandung banyak sekali pelajaran hidup yang dapat kita ambil jika kita mau mempelajari dan memahami serta mengamalkannya di dalam kehidupan. Mulai dari persoalan aqidah, ibadah, muamalah, dan hubungan antar sesama semua ada di dalam al-quran.

Tahukah kamu bahwa terdapat fakta-fakta mengenai operasi perhitungan yang menakjubkan mengenai matematika di dalam Al-qur'an yang jarang kita ketahui. Keajaiban matematika ini dapat dianggap sebagai kebetulan ataukah memang sudah menjadi ketetapan dari Allah? Nah, disini akan kita bahas keajaiban matematis yang dapat membantu menjadi bukti pemahaman mengenai hal  tersebut. Sebelum itu kita juga harus tau apa yang dimaksud dengan matematika itu.

Matematika adalah ilmu pengetahuan yang diperoleh dengan cara bernalar, yang lebih menekankan pada aktifitas penalaran ratio, juga ilmu tentang kuantitas, struktur, ruang, dan perubahan.  Matematika terbentuk sebagai hasil pemikiran manusia yang berhubungan dengan ide, proses, dan penalaran. (https://www.gurupendidikan.co.id/pengertian-matematika/)

Langsung saja kita membahas mengenai hal tersebut  di dalam Al-qur'an.

Operasi Bilangan dalam Al Qur'an
Perhatikan firman Allah SWT dalam surah Al Kahfi ayat 25.
Yang artinya : " Dan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun (lagi)."

Juga dalam surat Al Ankabut ayat 14
Yang artinya : " Dan sesungguhnya Kami telah mengutus Nuh kepada kaumnya, maka ia tinggal di antara mereka seribu tahun kurang lima puluh tahun. Kemudian  mereka ditimpa banjir besar, dan mereka adalah orang-orang yang zalim."

Pada ayat pertama, untuk menyebut 309, Al-qur'an menggunakan 300 + 9 dan pada ayat kedua, untuk menyebut 950, Al--quran  menggunakan 1000 - 50. Dua ayat tersebut menunjukkan bahwa Al-quran  berbicara tentang operasi penjumlahan dan operasi pengurangan. (http://repository.uin-malang.ac.id/1781/7/1781.pdf)

Rumus Angka 1

Angka 1 adalah sebuah angka yang sangat unik. Angka ini merupakan cikal bakal semua angka dalam matematika. Mari kita lihat, 0 = 1-1, 1 = 1+0, 2 = 1+1, 3 = 1+2, 4 = 1+3, 5 = 1+4, 6 = 1+5, 7 = 1+6, 8 = 1+7, 9 = 1+8. Angka satu sebenarnya cerminan dari sifat Allah Swt. Allah itu Esa, tunggal. Tidak berasal dari apa pun, tidak memiliki anak dan Dia tidak diperanakkan. Allah tidak diciptakan oleh siapa pun, tetapi Allah-lah pencipta segala sesuatu, pencipta langit dan bumi dan segala isinya. Zat Allah merupakan asal muasal dari segala sesuatu. Angka 1 sejatinya adalah salah satu perwakilan Allah di alam semesta.

Rumus Perkalian Plus (+) dan Minus (-)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x