Mohon tunggu...
kukuh triaa
kukuh triaa Mohon Tunggu... Mahasiswa - ayo kita beri asupan otak kita dengan banyak membaca dan menulis

kalo makan bubur ga diaduk

Selanjutnya

Tutup

Lyfe

Energi Positif yang Kita Dapatkan Ketika Melakukan Self Reward

22 Oktober 2021   16:35 Diperbarui: 22 Oktober 2021   16:36 42 1 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Lyfe. Sumber ilustrasi: FREEPIK/8photo

Mungkin kita sudah tidak asing lagi yaa sama yang namanya self reward, dan ya self reward adalah memberi hadiah atau penghargaan pada diri sendiri atas pencapaian atau apapun yang telah dilakukan, dan kita pasti sering banget ngelakuin hal ini, contohnya “duh gue abis nugas banyak banget, self reward ah”, “eh nilai uts gue bagus nih, self reward ah”, bukan Cuma sekali dua kali, kaau diinget-inget kita tuh pasti sering banget ngelakuin self reward. Nah ternyata ada manfaat besar yang bisa kita dapetin loh dari self reward, disini ada 5 poin manfaat dari self reward. Kita bahas sedikit yuk

Yang pertama ada lebih menghargai diri sendiri, sadar ga sih terkadang kita tuh lebih gampang menghargai orang lain dibandingkan diri sendiri. Kita lebih gampang kagum dan bangga sama pencapaian orang lain dibandingkan dengan pencapaian diri kita sendiri, dan ternyata kita pelu nih self reward untuk menghargai diri sendiri atas kebaikan atau pun pencapaian yang sudah kita lakukan.

 Yang kedua adalah membangkitkan semangat dan motivasi, sadar ga sih ternyata kita tuh butuh kompensasi dari apa yang kita lakukan, nah self reward ini bisa menjadi sarana untuk menjaga motivasi kita agar tetap konsisten dan melakukan yang terbaik dari apa yang kita lakukan.

Yang ketiga adalah membuat pikiran selalu positif, memberi self reward  bisa membangkitkan perasaan senang, kalau sudah menjadi kebiasaan nilai-nilai positif ini akan tertanam dan kita akan memaksimalkan dengan baik hal-hal yang menjadi pencapaian kita, untuk mendapatkan sel reward.

Manfaat yang keempat adalah melepas stress, terkadang menyelesaikan suatu pekerjaan membuat kita merasa lelah, lelah fisik, lelah, mental, serta lelah fikiran. Kalau hal ini dibiarkan bisa berkembang menjadi stress, nah self reward ini bisa membantu memancing emosi positif, khususnya senang dan bahagia, jadi meskipun sederhana self reward bisa menjauhkan kita dari gangguan mental.

Yang terakhir adalah mencintai diri sendiri, dengan memberikan self reward rasa cinta pada diri sendiri akan semakin meningkat, membuat kita merasa kalau diri kita itu berharga dan layak dicintai. Jadi walaupun terkadang terasa berat, kita akan selalu memiliki alasan dan ruang untuk menikmati setiap ujian dalam mencapai apa yang kita ingin capai.

Yap itulah beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan ketika kita melakukan self reward. Tetapi harus tetap bijak dan waras yaa untuk melakukannya, tidak berdasarkan nafsu dan sifat konsumeris. Selamat mencintai diri sendiri dengan melakukan self reward.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan