Mohon tunggu...
Kristina Sinambela
Kristina Sinambela Mohon Tunggu... Kita tidak harus menunggu datangnya inspirasi itu kita sendirilah yang menciptakannya

Hidup cuman sebentar, Berhenti menanam gusar Dan jadilah besar!

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Pentingnya Manajemen Strategi bagi Calon Pengusaha

14 Juni 2021   07:56 Diperbarui: 14 Juni 2021   08:05 119 1 0 Mohon Tunggu...

Pada masa pandemic covid 19 yang melanda dunia mengakibatkan banyaknya masyarakat yang terkena PHK dikarena pihak perusahaan tidak mampu lagi mambayar gaji para karyawannya sehingga banyak perusahaan yang bangkrut atau gulung tikar. Hal ini sangat berdampak nyata terhadap perekonomian masyarakat. Dimana pemerintah menganjurkan agar masyarakat tetap "stay at home ".

Dikarenakan virus covid 19 sangat berbahaya dan penularannya sangat cepat.Dengan anjuran pemerintah tersebut sehingga masyarakat melakukan segala aktivitas baik dalam bekerja atau proses belajar mengajar di lakukan dari rumah.sedikit banyaknya masyarakat memutar pola pikir untuk memulai usaha atau bisnis ( UMKM ) dari rumah seperti online shop,toko makanan ringan,pakaian,makanan siap saji dan sebagaianya untuk memenuhi kebutuhan hidup, dengan adanya anjuran pemerintah tersebut maka banyak masyarakat melakukan pembelian barang atau prodak melalui internet dan bahkan memanfaatkan sosial media untuk membuka usaha, penggunaan Internet di Indonesia pada awal 2021 mencapai 202,6 juta jiwa jumlah ini meningkat 15,5% atau 27 juta.Tidak di pungkiri akan banyaknya saingan dan tantangan.

Sistem efektif dan efesien yang terbangun dalam bisnis sangat bermanfaat dan menguntungkan pembisnis,namun hal tersebut tidak mencukupi untuk menangani persaingan yang sangat ketat. Seorang pembisnis harus menguasai dan menyiapkan manajemen strategi sebelum terjun ke dunia bisnis karena dengan begitu bisnis akan meningkat,berjalan dengan baik, dan mendapat keuntungan yang berlipat. Oleh sebab itu beberapa alasan pentingnya strategi manajemen bagi pembisnis yaitu untuk memberi arah jangka Panjang yang akan dituju,mengembangkan rencana-rencana yang efektif, sehingga usaha dapat menjadi lebih aktif,perumusan strategi sangatlah penting bagi pemula dalam membuka usaha karena merupakan konsekuensi mulai dari penetapan visi dan misi sampai tereliasinya program yang memandu bisnis untuk mencapai sasaran mulai dari nilai, tanggung jawab,korporasi,kapabilitas manajerial,hingga sistem administrasi,pengambilan keputusan dan operasional.

Dengan adanya strategi yang tesusun rapi maka bisnis tersebut akan mampu bersaing dengan oarang lain dan tidak menutup kemungkinan bisnis tersebut akan berkelanjutan,

Semoga bermanfaat 

Sekian dan terimakasih

VIDEO PILIHAN