Mohon tunggu...
Krisna Dwi Cahya S
Krisna Dwi Cahya S Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Nahdatul Ulama Surabaya . Program Studi D4 - K3

Lakukan apa yang menurutmu benar.

Selanjutnya

Tutup

Healthy

Mengenal Apa Itu K3

24 Oktober 2021   09:40 Diperbarui: 17 November 2021   00:08 405
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Hai sobat sekalian, Bagiamana dengan kabarnya ? Semoga dalam keadaan baik semuannya . Disini saya ingin bercerita mengenai pengalaman saya sebagai Mahasiswa Baru di Universitas Nahdatul Ulama Surabaya, disini saya mengembil Program Studi K3 . Ndah sobat disini apakah sebelumnya kalian mengetahui apa itu K3 ? Bagi yang belum tahu jadi Program Studi K3 adalah salah satu Program Studi yang termasuk dalam Fakultas Kesehatan. 

 Awal mula saya mengetahui program studi K3 ,yakni saat saya duduk di bangku Sekolah Menengah Atas atau SMA, saat itu memang tepat saat saya hendak masuk di bangku perkuliahan , saat pemilihan Perguruan Tinggi disana saya sedikit bimbang karena saya bingung harus mengambil jurusan yang mengarah ke Teknik atau rekomendasi dari saudara dan keluarga yaitu mengambil program studi K3. Saat itu saya sendiri masih belum memiliki pandangan mengenai 2 jurusan yang saya bimbangkan , namun pada akhirnya saya memilihi program studi K3 dengan pertimbangan yang sangat matang . Saat itu saya hanya berpikir bahwa saat di bangku perkuliahan nanti saya sering berada pada luar ruangan yaitu untuk praktikum . Sesuai dengan kepanjangan k3 sendiri yaitu Keselamatan dan Kesehatan Kerja. Dari kepanjangan saya berpikir bahwa di jurusan saya ini ,saya akan banyak belajar mengenai hal-hal atau bidang yang berhubungan dengan kesehatan dan tata cara memberikan keselamatan. 

Akan tetapi pada kenyataannya saat saya menjadi seorang MABA atau Mahasiswa Baru saya harus melaksanakan kegiatan perkuliahan saya dengan sistem Daring dirumah , dan saya selaku Maba juga sedikit kaget sebab saat masuk di dunia perkualiahan ternyata prosesnya juga tidak mudah , terutama pada jurusan saya ini karena saat awal masuk kami diberikan pengenalan lingkungan kampus, atau biasa di sebut dengan Ospek. Back to in topic jadi saat pertama kali masuk kelas ternyata yang saya pelajari disana itu tidak hanya seputar K3 saja namun saya juga diberikan beberapa kelas lain seperti mata kuliah PKN,Fisika dan juga mata kuliah Bahasa Indonesia , serta mata kuliah K3 sendiri yang terdiri dari Perundangan K3,Dasar-dasar K3 dan masih banyak lagi. 

   Untuk mengenl lebih jauh mengenai jurusan K3, disini saya ingin memberikan pengertian K3 sendiri , Jadi secara garis besar K3 merupakan bidang yang berkaitan dengan Kesehatan,Keselamatan dan Kesejahteraan manusia yang tergabung atau bekerja di sebuah instansi. Tujuan dari K3 sendiri yaitu melindungi segenap lapisan para tenaga kerja baik itu di luar ruangan ataupun di dalam ruangan. K3 sendiri memiliki peran yang sangat penting sebab saat kita berasa di lapanan tempat pekerjaan tentunya risiko-risiko ,sehingga peranan dari seorang K3 sendiri sangat di perlukan. Tentunya bidang k3 sendiri tidak asal saja dalam melakukan atau melaksanakan bidang perkerjaannya , sebab saat di bangku perkuliahan juga kita diberika ilmu mengenai prosedur bagaimana cara kita menyelematanka orang, bagaimana kita bisa mneghindarki risiko yang bisa berakibat fatal serta prosedur-prosedur yang tepat saat kita memberikan pertolongan pertama bagi tenaga kerja yang membutuhkan. 

    Jurusan K3 sendiri sangatlah populer sehingga memiliki peminat yang cukup banyak selain itu prospek kerja dari jurusan ini sangat luas. Utamanya di era 5.0 seperti saat ini pemerintah sedang gencar-gencarnya melakukan pembangungan .Oleh karena itu jurusan K3 sangat dibutuhkan disana. Demi terciptanya keamanan bagi para Tenaga Kerja. 

Nama : Krisna Dwi Cahya Santoso Putra 

NIM    : 2440021010

Prodi : D4 - K3 

Universitas Nahdatul Ulama Surabaya 

Tugas UTS Bahasa Indonesia

Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun