Mohon tunggu...
Kris Banarto
Kris Banarto Mohon Tunggu... Praktisi Bisnis

www.ManajemenTerkini.com

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Keren, Di Pemakaman Ini Tarifnya Kekeluargaan

6 Maret 2021   11:10 Diperbarui: 8 April 2021   21:56 207 47 9 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Keren, Di Pemakaman Ini Tarifnya Kekeluargaan
Foto TPU Tapos Kota Depok (Dokpri)

Kematian merupakan kepastian namun tidak dapat direncanakan, terkadang hadir begitu tak terduga, ketika ajal menjemput acapkali keluarga dalam keadaan tidak siap.

Situasi seperti inilah yang dipergunakan yayasan yang bergerak di bidang sosial kematian untuk membuat paket kedukaan mulai dari peti, mobil jenazah sampai tempat peristirahatan terakhir.

Bagi sebagian orang berkantong tebal di daerah Jabodetabek, akan melirik kawasan pemakaman elit San Diego Hills di Karawang. Di sini pengelola menawarkan tanah makam bervariasi sesuai dengan kluster, yang paling murah di bandrol Rp 57 juta per kavling dan jasa pemakaman sebesar Rp 20 juta, praktis untuk satu orang harus merogoh kocek Rp 77 juta.

Pemakaman San Diego Hills (Sumber foto Kompas.com)
Pemakaman San Diego Hills (Sumber foto Kompas.com)

Untuk warga berkantong pas-pasan akan memanfaatkan pemakaman yang di sediakan pemerintah daerah sesuai dengan tempat tinggal yang tercantum dalam KTP. Dengan harga relatif murah dan tempat tidak jauh dengan tempat tinggal.

TPU Tapos - Kota Depok

Berawal dari iseng mampir di TPU (Tempat Pemakaman Umum) Kecamatan Tapos, Kota Depok Jawa Barat dalam kapasitas sebagai pengurus RT, jaga-jaga kalau ada warganya mengalami kedukaan.

TPU Tapos ternyata lokasinya bersebelahan dengan mega proyek Cibubur Golf View milik Agung Podomoro Group.

Lokasi dapat diakses melalui Jalan Raya Bogor -Jalan Pekapuran atau Tol Jagorawi keluar Cimanggis hanya sekitar 2 kilometer sampai di tujuan.

Saya sempat terusik dalam pemberitaan di media seputar TPU Tapos yang mengenakan tarif simpang siur dan berniat ingin memastikan berita tersebut.

Kemudian saya menemui penanggung jawab makam yang berkantor di area TPU dan ia memberikan jaminan bahwa tarif yang di kenakan tidak mahal. Hanya ia berpesan untuk membayar langsung ke pengelola dan jangan ke orang lapangan.

Pernah Gratis dan Mendapat Santunan

Dia berkisah ketika Walikota Depok dipimpin oleh H. Badrul Kamal selama periode (1997 hingga 2005), menggratiskan biaya pemakaman dan malah memberikan santunan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN