Mohon tunggu...
Kris Banarto
Kris Banarto Mohon Tunggu... Praktisi Bisnis

www.manajementerkini.com

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Tip Menulis Artikel: Gunakan 4 Teknik Kerangka Tulisan (3)

25 Januari 2021   07:29 Diperbarui: 25 Januari 2021   07:42 823 75 19 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tip Menulis Artikel: Gunakan 4 Teknik Kerangka Tulisan (3)
Sumber Freepik.com

Tulisan artikel saya sebelumnya dengan judul "Ini 4 Kriteria Angle dalam Menulis Artikel Opini "membahas mengenai empat kriteria angle dalam penulisan artikel opini yaitu penting, menarik, baru dan mendesak.

Outline

Terkadang penulis terjebak untuk merangkai kalimat demi kalimat dengan mengikuti alur dari awal hingga akhir tulisan. Tetapi kendalanya adalah jika ide terhenti atau tidak berhasil merangkum peristiwa yang kompleks.

Untuk menghindari itu diperlukan kumpulan pokok pikiran yang dibentuk dari angle tulisan. Seperti sebuah peta perjalanan menuju suatu tempat yang dituju. Hal ini bertujuan agar tulisan tidak melenceng dari angle.

Outline merupakan sebuah ringkasan dari keseluruhan tulisan yang akan disajikan. Ouline menjadi garis yang bertujuan untuk membatasi suatu objek agar sesuai dengan ide. Supaya semua gagasan dapat tertata rapi dan logis, penulis perlu memetakan pikiran.

Outline adalah sekumpulan pokok pikiran yang disusun dan membentuk gagasan penulisan secara keseluruhan mulai dari awal sampai akhir. Ouline sering juga disebut suatu kerangka tulisan.

Setelah mengembangkan ide ke dalam kerangka tulisan langkah selanjutnya adalah mengemas pokok pikiran agar menarik dan enak untuk di baca.

Di dalam membuat kerangka tulisan agar menarik gunakanlah 5 teknik sebagai berikut:

dokpri
dokpri

1. Kronologis

Teknik kronologis yang diutamakan adalah di dalam mengembangkan narasi berdasarkan urutan kejadian yaitu jalinan waktu peristiwa. Pentingnya mencatat waktu dan mengaitkannya satu sama lain sehingga pembaca mudah memahami setiap babak dalam suatu peristiwa.

2. Ruang

Teknik ruang menuntut penulis untuk menggambarkan secara runut kondisi di lokasi suatu kejadian atau latar belakang peristiwa. Teknik alur ruang biasanya tidak dipergunakan dalam penulisan artikel opini.

3. Logis

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x