Mohon tunggu...
Kris Banarto
Kris Banarto Mohon Tunggu... newbie

praktisi bisnis I pemerhati humaniora

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Apa Harapan Hidupmu?

15 Mei 2020   08:39 Diperbarui: 15 Mei 2020   08:51 76 26 5 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Apa Harapan Hidupmu?
Image Pexels.com

"Tidak ada obat sehebat harapan, tidak ada insentif begitu besar, dan tidak ada tonik sekuat pengharapan akan masa mendatang."-Swett Orison Marden

Pengharapan menjadi sesuatu yang dapat menggerakkan hidup kita, pada waktu usia sekolah mendapatkan ranking menjadi harapan dari murid, dan ketika mendapatkannya menjadi kebanggaan tersendiri. Pengharapan dapat meningkatkan semangat dan antusiasme belajar, menjadi aktif ketika mengikuti proses belajar-mengajar dan serius untuk mengerjakan tugas yang diberikan gurunya.

Apalagi menjelang ulangan umum maka intensitas belajar ditingkatkan, bahkan rela mengurangi jam tidur, karena mengejar nilai dan mendapatkan ranking. Tetapi kebalikannya dengan anak yang tidak mempunyai harapan, maka dia tidak akan serius belajar, tidak memanfaatkan waktu, dan berat untuk mengerjakan tugas yang diberikan gurunya. Ulangan umum menjadi sesuatu yang memberatkan dan kalau bisa memilih untuk dihindari.

Pengertian Harapan

Pengertian harapan menurut KBBI adalah sesuatu yang (dapat) diharapkan, keinginan supaya menjadi kenyataan. Apabila kita mencermati pengertian pengharapan ini ada dua kata yang penting, sesuatu yang dapat diharapkan dan supaya menjadi kenyataan.

"Harapan adalah kemampuan untuk melihat bahwa ada cahaya meskipun semua dalam kegelapan."-Desmond Tutu

Kata sesuatu yang dapat diharapkan, berarti merupakan target atau sasaran yang achievable (dapat dicapai), pengharapan yang tidak muluk-muluk dan disesuaikan dengan kemampuan kita. Harapan yang terlalu tinggi kalau tidak disertai dengan mental yang kuat akan berakibat tidak baik, ketika harapan tidak tercapai.

Kata menjadi kenyataan berarti ada sesuatu yang sangat diharapkan akan terwujud, harapan menjadi sesuatu yang dinantikan dan menjadi kebahagiaan ketika harapan dapat terwujud. Dan dapat menjadi kekecewaan ketika harapan tidak terwujud, atau gap antara harapan dan kenyataan semakin melebar.

Pengharapan Banyak Orang

Dunia ini begitu kreatif dengan segala hingar bingar, banyak pilihan yang dilakukan manusia mau menjadi jahat, menjadi orang baik, menjadi pandai atau bodoh. Kemewahan yang dipertontonkan di televisi cukup menjadi inspirasi bagi banyak orang, begitu pentingnya kekayaan sebagai identitas diri. Mereka fokus untuk mengumpulkan harta sebanyak-banyaknya, karena dengan harta dapat melakukan apa saja di negeri ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN