Mohon tunggu...
Kris Banarto
Kris Banarto Mohon Tunggu... Wiraswasta - Pemerhati Bisnis dan Humaniora

Penulis buku: Transformasi HRD dalam Bisnis (Deepublish, 2021). Ketika Kita Harus Memilih (Gunung Sopai, 2022). Rahasia Sukses Bisnis Modern (Deepublish, 2022). Merajut Keabadian (Bintang Semesta Media, 2023). Kupas Tuntas Bisnis Properti (Deepublish, 2024). Website: www.ManajemenTerkini.com.

Selanjutnya

Tutup

Money Pilihan

Marketing Environment, Menjadi Kunci Keberhasilan Bisnis

7 Mei 2020   11:11 Diperbarui: 15 Januari 2021   20:19 2243
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Perusahaan harus merencanakan bisnisnya untuk jangka waktu yang panjang, perusahaan sebaiknya mengerti betul kondisi internal perusahaan baik kekuatan maupun kelemahan perusahaan.

Hal ini diperlukan untuk mengukur sebesar apa kemampuan organisasi bisnis bersaing dengan produk kompetitor. Kemudian perusahaan harus memahami faktor eksternal perusahaan, tidak hanya pada industri di mana bisnis ada tetapi juga faktor-faktor lingkungan makro.

Ada tiga langkah kunci untuk menganalisis lingkungan pemasaran

Image dokpri kris banarto
Image dokpri kris banarto

1. Pelanggan Dapat Memengaruhi Strategi Pemasaran

Pemasar yang sukses fokus pada kepuasan pelanggan dan memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan yang sesuai dengan kompetensi utama perusahaan. Seorang pemasar ingin menggunakan kekuatan mereka untuk melayani pelanggan mereka, karena tanpa pelanggan, perusahaan tidak akan berada dalam bisnis.

Agar perusahaan memiliki strategi pasar yang didorong oleh pelanggan, mereka harus menggunakan langkah-langkah berikut:

A. Segmentasi Pasar

Segmentasi pasar adalah langkah pertama untuk menentukan target pasar. Segmentasi pasar adalah ketika suatu kelompok secara keseluruhan dibagi menjadi dua kelompok atau lebih, dengan masing-masing kelompok memiliki karakteristik yang serupa.

B. Target Pasar

Setelah pasar ter-segmentasi, pemasar akan ingin memilih target mereka siapa lebih efektif. Karena tidak ada satu strategi yang akan bekerja untuk semua kelompok pelanggan, penting untuk mengembangkan strategi yang ditujukan untuk pasar sasaran perusahaan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun