Mohon tunggu...
Kris Banarto
Kris Banarto Mohon Tunggu... Wiraswasta - Pemerhati Bisnis dan Humaniora

Penulis buku: Transformasi HRD dalam Bisnis (Deepublish, 2021). Ketika Kita Harus Memilih (Gunung Sopai, 2022). Rahasia Sukses Bisnis Modern (Deepublish, 2022). Merajut Keabadian (Bintang Semesta Media, 2023). Kupas Tuntas Bisnis Properti (Deepublish, 2024). Website: www.ManajemenTerkini.com.

Selanjutnya

Tutup

Money Pilihan

Perusahaan Abadi, Kenali 6 Model Pemasaran Relasional

6 Mei 2020   07:50 Diperbarui: 15 Januari 2021   20:34 2699
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pemasaran Relasional adalah tentang membentuk relasi jangka panjang dengan pelanggan. Alih-alih mencoba mendorong penjualan satu kali, pemasaran relasional mencoba untuk menumbuhkan loyalitas pelanggan dengan menyediakan produk dan jasa yang patut dicontoh.

Ini berbeda dari kebanyakan praktik periklanan normal yang berfokus pada satu transaksi, menonton iklan A dan membeli produk B. Sebaliknya, pemasaran relasional biasanya tidak ditautkan dengan satu produk atau penawaran.

Situs media sosial memungkinkan bisnis untuk melibatkan pelanggan mereka secara informal dan berkelanjutan. Teknologi informasi membuatnya mudah bagi perusahaan untuk mengotomatiskan upaya pemasaran mereka.

Branding adalah komponen terakhir dari pemasaran relasional. Sebuah perusahaan dapat membentuk relasi jangka panjang dengan klien jika klien itu merasa brand yang mereka beli mencerminkan siapa mereka atau siapa yang mereka inginkan.

Penerapan Pemasaran Relasional

Banyak jenis perusahaan memiliki sesuatu untuk diraih dengan mengembangkan relasi jangka panjang dengan pelanggan mereka. Bisnis kecil sering melayani aliran pelanggan tetap, dan sedikit upaya untuk menarik pelanggan baru.

Perusahaan besar biasanya berinvestasi paling banyak dalam melakukan kampanye pemasaran relasional yang canggih. Di beberapa perusahaan besar, pemasaran relasional adalah strategi yang memengaruhi setiap departemen dengan tujuan yang dihadapi klien (penjualan, layanan pelanggan, pengiriman dan lain-lain).

Contoh Pemasaran Relasional

Perusahaan pemasaran mengirimkan email langsung kartu ulang tahun tulisan tangan atau hadiah kepada klien dan rekanan setiap tahun. Sentuhan sederhana dan pribadi ini membantu klien merasa seolah-olah perusahaan langsung peduli pada mereka sebagai pribadi, bukan hanya sebagai konsumen.

Mengembangkan Dan Penerapan Pemasaran Relasional

Pemasaran relasional dapat melibatkan aspek-aspek utama cara perusahaan menjalankan bisnis. Ini bisa mahal, membutuhkan waktu, dan memiliki konsekuensi serius bagi pelanggan dan karyawan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun