Mohon tunggu...
Kris Banarto
Kris Banarto Mohon Tunggu... Wiraswasta - Pemerhati Bisnis dan Humaniora

Penulis buku: Transformasi HRD dalam Bisnis (Deepublish, 2021). Ketika Kita Harus Memilih (Gunung Sopai, 2022). Rahasia Sukses Bisnis Modern (Deepublish, 2022). Merajut Keabadian (Bintang Semesta Media, 2023). Kupas Tuntas Bisnis Properti (Deepublish, 2024). Website: www.ManajemenTerkini.com.

Selanjutnya

Tutup

Money Pilihan

Brand Building: 3 Cara Mudah Membangun Merek

20 April 2020   13:22 Diperbarui: 14 Januari 2021   10:08 596
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Membangun brand adalah kegiatan yang tidak dapat disahkan antara mengembangkan diri kita dan bisnis. Ini tidak hanya membuat konsumen percaya dan aware akan suatu brand, tetapi juga memberikan konsumen identity dan value. Munculnya platform partisipatif dan interaktif telah memberi banyak peluang bisnis untuk meningkatkan kesadaran akan brand. 

Apabila kita ingin membangun personal branding atau bisnis, maka penting bagi kita untuk mengetahui bahwa membangun brand membutuhkan proses panjang baik waktu maupaun resource.

Brand Building (membangun merek)

Banyak orang berpikir bahwa membangun brand adalah tentang membangun komunikasi dan expose brand. Itu hanya satu sisi saja, cara terbaik yang dapat kita definisikan membangun brand adalah proses value creation (menciptakan nilai) bagi konsumen. Itu mencakup banyak hal bagi konsumen sehingga dapat mengetahui, merasakan, dan mengalami mengenai bisnis secara menyeluruh.

3 Type Populer Brand

  • Service Brand (merek jasa) - merek ini dibangun di atas pengetahuan, budaya, dan pengalaman yang dimiliki seseorang dengan agen, perusahaan, penyedia jasa. Misalnya Secury Parking, JNE, GoJek dsb.
  • Retail Brand (merek ritel) - merek ini dibangun di atas campuran produk ritel dan jasa, misalnya Mc Donald's, Giant Supermarket, dsb
  • Product Brand (merek barang), merek dibangun berdasarkan pengalaman yang dimiliki seseorang dengan produk tertentu, misalnya Adidas, Toyota, Samsung, dsb

Setelah melihat 3 jenis brand yang populer, kita sekarang akan melanjutkan untuk melihat langkah-langkah yang terlibat dalam membangun brand.

1.) Brand Define

Langkah pertama kali dalam membangun brand adalah mendefinisikan brand kepada konsumen. Merupakan langkah yang penting karena nantinya akan menentukan apakah brand benar-benar berdiri dengan baik. 

Ketika mendefinisikan brand bisnis, kita harus membuat daftar kekuatan inti bisnis. Pada saat yang sama, kita juga perlu tahu apa artinya brand dan apa yang penting bagi brand. Nilai-nilai harus ditunjukkan bahwa brand berkontribusi terhadap kesejahteraan lingkungan, sosial, dan ekonomi konsumen.

2.) Differentiation and Positioning Brand

Sebelum memulai membangun brand, harus meluangkan waktu untuk membedakannya, sehingga dapat menarik perhatian dan positioning jelas diantara kompetitor. Untuk membedakan brand, harus menciptakan keunggulan unik (comparative advantages) di benak konsumen tidak hanya mendapatkan perhatian melalui warna, nama atau logo.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun