Mohon tunggu...
Kresnalan Wicasana
Kresnalan Wicasana Mohon Tunggu... Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang

Universitas Muhammadiyah Malang

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Pembuatan Handsanitizer oleh Mahasiswa PMM UMM Malang

10 April 2021   18:27 Diperbarui: 10 April 2021   18:28 28 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pembuatan Handsanitizer oleh Mahasiswa PMM UMM Malang
Foto: Dokumentasi Pribadi

Kegiatan PMM (Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa) yang dilaksanakan oleh mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang ini merupakan kegiatan rutin tahunan pengganti KKN. Mahasiswa PMM UMM Gelombang 1 kelompok 18 melaksanakan kegiatan programnya di Yayasan At-Taufiq Malang yang beralamat di Jl. Sanan No. 70, Purwantoro, Kec. Blimbing, Kota Malang. Pada hari Rabu, 10 Maret 2021

Salah satu program Kelompok kami membuat hand sanitizer dengan bahan yang mudah ditemukan dan tidak berbahaya dan pastinya dengan harga yang ekonomis seperti aloe vera gel, alcohol 70% dan essential oil. Kami membuat hand sanitizer ini bersama dengan anak anak yayasan, dimana mereka membuat hand sanitizer ini dari 0 hingga menjadi produk yang diinginkan. Kami memilih bahan tersebut karena ramah dengan anak anak,sebab kami melibatkan anak anak yayasan dalam proses pembuatan dari awal.

Disini program kami lakukan di sore hari setelah anak anak yayasan selesai melakukan kegiatan rutin harian mereka yaitu mengaji. Setelah itulah kami melaksanakan program kami,mereka terlihat cukup antusias saat melakukan pembuatan handsanitizer dari awal.

Kegiatan awal dimulai dengan anak anak berkumpul di aula. Lalu kami bagi menjadi beberapa kelompok untuk mengurai kepadatan dan membuat penjelasan menjadi lebih efektif. Setelah itu kami mempresentasikan cara pembuatan dari awal. Barulah setelah ini anak anak mulai membuat sendiri. Mereka mulai membuat untuk satu kelompok mereka sendiri. Setalah selesai membuat mereka menaruh handsanitizer di tempat yang sudah kami sediakan. Setiap anak mendapatkan handsanitizer yang mereka buat sendiri. Hal ini kita berikan sebagai bentuk award dari yang telah mereka lakukan untuk berpartisipasi dan membuat handsanitizer untuk mereka sendiri.

Harapan kami dengan diakannya program ini bias membuat anak anak Yayasan dapat kreatif. Sehingga bias mengembangkan produk tersebut. Dapat membuat produk tersebut memiliki nilai jual di masyarakat sekitar. Hingga menjadi main produk yang dapat memiliki nilai jual dan bisa menjaadi salah satu sumber pendapatan.

VIDEO PILIHAN