Mohon tunggu...
Kornelius Ginting
Kornelius Ginting Mohon Tunggu... Administrasi - Lelaki Biasa

-”Scripta manet verba volant”. https://www.korneliusginting.web.id/

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Bangkitnya Perekonomian Indonesia dari Desa Wisata dan Festival Kearifan Lokal

9 November 2022   21:18 Diperbarui: 9 November 2022   21:38 158
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: Adirafinance/Twitter

  

Ketika berbicara mengenai desa, apa yang terlintas dalam benak kalian. Kalau saya pribadi masih memilliki stigma bahwa desa itu masih menjadi sebuah tempat yang terpencil, sulit dijangkau dengan kendaraan, becek, kotor dan tidak tertata dengan baik.  Padahal jaman sudah berubah begitupun dengan stigma desa. Sudah jauh berubah ke arah yang lebih baik. Tapi siapa yang tahu?

Perubahan yang terjadi tersebut kalau tidak sering-sering digaungkan siapa juga yang akan tahu bahwa desa sudah banyak berubah. Siapa juga yang mau kembali ke desa, atau siapa yang mau jalan-jalan berwisata ke desa.

Mengangkat desa, mengangkat potensi yang ada didalamnya bukan perkara mudah. Ini yang sedang dikerjakan oleh Adira Finance dan tim. Beberapa waktu lalu sempat mengikuti kegiatan mereka secara daring melalui media twitter. Seru kegiatannya, touring pake motor keliling desa, gaes.

Iya, beneran menggandeng komunitas motor untuk berkeliling desa, melihat pemandangan yang masih hijau royo-royo a.ka asri. Menikmati kearifan dan kesederhanaan yang ditawarkan oleh masyarakat sekitaran.

Pas banget, dengan bersinergi bareng komunitas motor yang diadakan oleh Adira Finance, praktis akan membentuk stigma Desa Wisata Ramah Berkendara, aspal sudah masuk desa, jalan sudah enak untuk dilewati.

Praktis dengan berkerja sama bareng komunitas akan lebih mudah mengenalkan kegiatan Festival Kreatif Lokal yang diadakan sekaligus memasarkan produk-produk UKM unggulan juga budaya yang dimiliki.  Dan berujung kepada Bangkitknya Perekonomian Indonesia Melalui Desa Wisata.

Jadi Festival Kreatif Lokal  ini adalah salah satu program untuk memulihkan ekonomi Indonesia. Melalui turunan dari program FKL yang diadakan oleh  komunitas bergandengan dengan Adira yang akan melakukan eksplor potensi wisata dibeberapa wilayah yang ada di Indonesia.

Nantinya dengan adanya Desa wisata, akan menyalakan Gen Kreatif Masyarakat. Semakin kreatif semakin banyak yang akan tertarik untuk mengunjungi desa wisata. Semakin banyak yang mengunjungi desa maka perputaran ekonomi akan berjalan.  

Sumber: adirafinance/Twitter
Sumber: adirafinance/Twitter

Desa Wisata, hmmmmm, nikmati udara segar pedesaan, kuliner dan cemilan lokal plus disuguhi tari pencak silat, kebayang kan keseruannya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun