Mohon tunggu...
Kornelis Ruben Bobo
Kornelis Ruben Bobo Mohon Tunggu... Dosen - Pendeta dan Dosen

Olahraga: Bola Kaki, Volly, Futsal, Badminton, Traveling, Makan, Berkunjung

Selanjutnya

Tutup

Filsafat Pilihan

Mengenali Ciri-Ciri Antikris Jaman Now: Penjelasan Menurut Surat Yohanes!

4 Mei 2024   16:00 Diperbarui: 4 Mei 2024   16:03 223
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi anti christ. sumber gambar: (unsplash.com)

Pada September 2020, melalui media sosial, saya pernah survei.  Topik survei yang saya lakukan tentang "Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar atau menyebut kata ANTIKRIS atau ANTIKRISTUS?  Hasil Survei "Pasar" via WA dan FB, menghasilkan jawaban yang sangat beragam.   

Misalnya antikrist adalah Orang, Roh, Kuasa, Entitas yang tidak percaya, menentang, berlawanan, menyangkal, tidak mengaku Yesus adalah Tuhan dan Juruselamat.  Ada pula yang menjawab antikrist adalah orang yang percaya Yesus tapi tidak hidup dalam kebenaran, bertentangan dengan ajaran Yesus.  Hingga ada yang menjawab antikrist tanda dunia kiamat, terbalik, tanda kedatangan Tuhan Yesus; Guru-guru palsu.  

Bagaimana dengan Antikristus menurut Surat Yohanes?  Rasul Yohanes, dalam ketiga suratnya, menjelaskan mengenai ANTIKRISTUS.  Kesempatan ini saya akan menjelaskan tentang topik ini.  

Apa atau siapa yang dimaksud dengan Antikristus?  Berasal dari manakah Antikristus itu sendiri?  Mengapa Rasul Yohanes menuliskan ini?  Apa sebenarnya yang terjadi dengan jemaat yang ditujukan surat ini?  Bagaimana kita dapat mengenali ciri-ciri Antikristus?  Lalu, apa nasihat Rasul Yohanes bagi kita orang Kristen jaman now?

Pertama, kita perlu ketahui bahwa Surat Yohanes ditulis oleh Rasul Yohanes.  Dia adalah salah satu murid Yesus.   Diperkirakan surat ini ditulis pada tahun 80-95 sM di Efesus.  Surat Yohanes ditujukan kepada jemaat di Asia Kecil (Roma saat itu) dan orang Kristen berlatar belakang Yahudi.  


Adanya ajaran palsu mengenai penyangkalan akan Yesus dan hidup benar di luar Allah menjadi tujuan utama penulisan surat Yohanes.  Itu sebabnya, tema utama surat Yohanes adalah Yesus Kristus, Sang Juruselamat, Pendamaian bagi dosa manusia dan seluruh dunia, serta hidup dalam persekutuan dengan Allah sebagai jaminan hidup kekal.    

Kedua, dalam ketiga suratnya, Yohanes menyebutkan sebanyak 5 kali kata ANTIKRISTUS.  Kita dapat menemukan kelimat teks itu dalam 1 Yohanes 2:18 (2x), 22 (1x); 4:3 (1x); 2 Yohanes 1:7 (1x).  Yang mengejutkan bahwa di dalam Alkitab, hanya Rasul Yohanes yang menyebutkan istilah ANTIKRISTUS.  Itu sebabnya kita perlu cek pemaknannya menurut Surat Yohanes.  

Berdasarkan kelima penyebutan ini, menurut Rasul Yohanes, Identitas  ANTIKRISTUS adalah 

(1). Orang Kristen Internal (1 Yoh. 2:18-19). 

18  "Anak-anakku, waktu ini adalah waktu yang terakhir, dan seperti yang telah kamu dengar, seorang antikristus akan datang, sekarang telah bangkit banyak antikristus. Itulah tandanya, bahwa waktu ini benar-benar adalah waktu yang terakhir."

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Filsafat Selengkapnya
Lihat Filsafat Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun